DISDIK SUMBAR ADAKAN SOSIALISASI UN SMA/SMK


Post by Dinas Pendidikan(PON SISWA, S.Sos) | Posted on 09 Maret 2017 18:17:33 WIB | Pendidikan | 1307 kali dibaca


DISDIK SUMBAR ADAKAN SOSIALISASI UN SMA/SMK

Padang, 6 Maret 2017

     Dalam rangka pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK ) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil ( UNKP ) tingka SMA dan SMK tahun pelajaran 2016/2017, Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat mengadakan Sosialisasi UN yang Berintegritas.

     Sosialisasi ini dilaksanakan di Hayamwuruk Hotel Padang, Sabtu ( 4-3 ) yang diikuti kepala SMA/SMK penyelenggara 5 Kab/Kota dengan narasumber Kepala Dinas Pendidikan Drs. Burhasman, MM, Kepala Bidang Pembinaan SMA Drs, Nasmeri, M.Pd dan Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat                                 Drs. Syofrizal, M.T.

     Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Drs. Burhasman, MM, mengatakan, Sosialisasi ini dilaksanakan sekaitan akan dilaksanakannya ujian nasional tingkat SLTA sederajat, baik itu UNBK maupun UNKP pada April 2017 mendatang diseluruh Indonesia.

i Ujian itu merupakan bagian dari dalam diri kita, yaitu mulai penerimaan siswa baru, pelaksanaan proses belajar mengajar dan dari tiga sisi ini kita berada diujung penentuan kelulusan siswa.

     Ujian Berbasis Komputer ( UNBK ) oleh beberapa pihak dikuatirkan, tetapi setelah bagi yang sudah melaksanakan tidak ada kekuatiran, namun bagi yang belum ada rasa kekuatiran anak tidak lulus, jelas Burhasman.

       Sementara itu Kepala Bidang Pembinaan SMA Drs. Nasmeri, M.Pd mengatakan, Ujian Nasional sangat penting dilaksanakan, karena UN tersebut merupakan amanah, dimana pada UU No. 23 tahun 2003 dijelaskan pasal-pasal yang meamanahkan supaya evaluasi itu dilakukan pemerintah, sekolah, guru dan ditindaklanjuti dengan peraturan pemerintah serta sebagainya.

       Terkait dengan itu jelas Nasmeri, bahwa UN dikerjakan berkaitan dengan berbagai penilaian yang dilakukan oleh pemerintah, dimana tujuannya bukan untuk menentukan kelulusan, tetapi untuk pembinaan terhadap sekolah-sekolah yang belum mencapai standar nasional pendidikan serta dasar untuk memberikan bantuan.

       Kepala Bidang Pembinaan SMK Drs. Syofrizal, MT mengatakan, pelaksanaan UN tahun ini dilaksanakan dalam dua bentuk yaitu Ujian Nasional Berbasis Komputer             ( UNKP ) dan secara manual/ Kertas Pensil ( UNKP ). Untuk  UNBK ini  sudah memasuki tahun keempat, dimana 2017 diharapkan seluruh SMP, SMA dan SMK di Sumatera Barat mengikutinya, tetapi kenyataannya dilapangan tidak memungkinkan itu bisa terlaksana, maka solusinya adalah kita maksimalkan dengan cara penggabungan-penggabungan antara SMP, SMA ke SMK , maka yang bisa melaksanakan UNBK sekitar 507 sekolah.

       Adapun jadwal UNBK dan UNKP SMK dilaksanakan 3 s.d. 6 April, SMA 10 s.d. 13 April dan SMP  dilaksanakan 2 s.d. 4 dan 8 Mei 2017, jelas Syofrizal.

        Sosialisasi Ujian Nasional yang Berintegritas untuk jenjang SMA dan SMK ini juga telah dilaksanakan tiga kota lain yaitu Solok tanggal 28 Februari, Pariaman 1 Maret dan Bukittinggi 2 Maret 2017. ( Pon Siswa,S.Sos/Disdik Sumbar)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh