PERPUSTAKAAN SURVEI JENIS BUKU KESUKAAN MASYARAKAT


Post by Dinas Kearsipan dan Perpustakaan(ROMI ZULFI YANDRA, S.Kom) | Posted on 10 Maret 2017 14:36:37 WIB | Berita Terkini | 1254 kali dibaca


PERPUSTAKAAN SURVEI JENIS BUKU KESUKAAN MASYARAKAT

“Pustakawan dan Arsiparis harus bekerja keras memperkenalkan bahan baca kepada siswa” Ujar Bupati Busmal.

Hal ini diungkapkan ketika membuka Lomba Minat Baca Tingkat SD, SLTP dan SLTA sekaligus menghadiri pengukuhan Pengurus Ikatan Pustakawan Indonesia ( IPI ) Cabang Kabupaten Solok,Rabu ( 8/3 ) di Koto Baru.

Dihadapan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumbar, Alwis, Bupati menekankan pentingnya pustaka menyediakan buku-buku iptek dan sains. Dengan banyaknya Jenis Bacaan Sebagi Pemicu, diharapkan animo siswa dan generasi muda semakin tinggi datang kepustakaan, Gusmal menyebutkan kegiatan menumbuhkan minat baca masyarakat dan generasi muda yang dikembangakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dipandang linier dengan program dengan empat pilar pembangunan, terutama dikaitkan dengan pilar pendidikan.

Dalam implementasinya, dengan pendidikan Gusmal Ingin mencerdaskan masyarakat untuk membangun Sumber Daya Manusia Yang berkualitas.

“Salah satu upaya itu dengan membaca buku-buku yang bermanfaat yang memiliki nilai edukasi terhadap pengetahuan masyarakat” jelasnya

Terhadap harapan Bupati Itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Solok, Zulfadli merasa tertantang untuk menghadirkan sebuah ruang baca yang nyaman dan diminati pembaca pihaknya selain bakal menumbuhkan Image tentang pustaka sebagi Gudang Ilmu Pengetahuan. Juga berupaya memperbanyak jenis bacaan bagi masyarakat. “Kita gembira, juga sekaligus tertantang dengan harapan Bupati terhadap pustaka yang diminati warga” Jelasnya

Dari arahan Bupati, Kadis Perpustakaan dan Arsip menangkap benang merah tentang bagaimana Perpustakaan Daerah dan Perpustakaann Nagari mampu memposisikan diri menjadi wahana belajar bagi masyarakat. Dengan Fungsi Itu, perpustakaan mampu menumbuhkan masyarakat yang berpengetahuan selaras dengan cita-cita empat pilar pembangunan.

Guna merealisasikan impian Itu, Zulfadli mengaku akan mengadakan survei terhadap jenis bacaan yang diminati masyarakat sebelum kemudian diajukan penambahan buku ke Pemerintah Kabupaten. Disamping survei, pihaknya juga akan mengikat kerja sama dengan sekolah - sekolah untuk mengembangakan wahana membaca di sekolah tersebut.

“Survei dilakukan untuk merngetahui tentang jenis buku apa saja yang diminati masyarakat. Ini penting agar kita tidak sekedar memperbanyak buku tetapi tidak disukai pembaca” ujar Zulfadli.

Di sisi lain, mantan Plt. Kadis Pendidikan Itu menyebutkan kegiatan Lomba Minang Baca Antar Pelajar itu berlangsung selama tiga hari, mulai Rabu (8/3) sampai Jumat (11/3).

Sejalan, perpustakaan dan arsip juga melakukan lounching buku perpustakaan, sekaligus menyerahkan bantuan komputer sebanyak 6 unit bagi dua Perpustakaan Nagari, yakni Nagari Gantung Ciri, Nagari Kubung dan Nagari Sulit Air,  Nagari X Koto Diatas. Bertahap kita membantu Perpustakaan Nagari dengan komputer agar kelak berkembang menjadi Perpustakaan Berbasis IT,” papar Zulfadli. Sumber : Harian Singgalang, 10 Maret 2017.

 


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh