Wagub Hadiri Puncak Peringatan Hari Anak Nasional 2017


Post by Diskominfo(EKO KURNIAWAN, S.Kom) | Posted on 23 Juli 2017 19:22:59 WIB | Berita Terkini | 1167 kali dibaca


Wagub Hadiri Puncak Peringatan Hari Anak Nasional 2017

Pekanbaru, 23 Juli 2017

Bertempat di Lapangan Gedung Daerah, Kota Pekanbaru, Riau, Presiden dan Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, menghadiri Acara Puncak Hari Anak Nasional (HAN) 2017. Turut hadir dalam acara ini Ibu Wapres RI, Mufidah Jusuf Kalla; Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan,  Puan Maharani; Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise; Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf, Gubernur Riau, dan Para Kepala Daerah se-Indonesia.

Mengusung tema bertajuk “Saya Anak Indonesia, Saya Gembira,” peringatan HAN 2017 dimaknai sebagai kepedulian seluruh bangsa Indonesia terhadap perlindungan anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal, dengan mendorong keluarga Indonesia menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak, sehingga akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air.

Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) telah diselenggarakan sejak tahun 1986 silam, berdasarkan Keputusan Presiden No. 44 tahun 1984.

Sementara terpilihnya Riau sebagai Tuan Rumah, menurut Menteri PP dan PA, Yohana Yembise, tidak lepas dari imbauan Presiden Joko Widodo yang meminta agar HAN setiap tahunnya diperingati di suatu daerah agar anak-anak Indonesia di daerah itu juga merasakan kehadiran negara. Selain itu, terpilihnya Riau juga  tercatat sebagai provinsi nomor dua terbesar bagi kasus kekerasan terhadap anak, Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), dan Trafficking.

Presiden Joko Widodo mengawali sambutannya mengingatkan agar anak-anak Indonesia selalu belajar dengan rajin, tidak boleh berbuat aksi perundungan (bullying), apalagi kerap mengejek, mencemooh, dan menghina sesama teman. “Anak-anak justru harus saling banyak menolong, banyak membantu teman. Kalau ada temannya yang sakit, jangan lupa dijenguk dan didoakan agar temannya cepat sembuh,” kata Presiden lagi.

Terbalut suasana interaktif dan penuh keakraban, Presiden Joko Widodo dan undangan yang hadir turut mendengarkan ‘Suara Anak Indonesia’ yang merupakan hasil pertemuan sebelumnya selama tiga hari di Kota Pekanbaru ini oleh sekitar 1000 anak dari seluruh provinsi di Tanah Air. ‘Suara Anak Indonesia’ antara lain berisi permintaan dan ajakan Anak-anak Indonesia kepada Pemerintah atas kemudahan pemberian Akte Kelahiran, melibatkan anak Indonesia dalam pengambilan berbagai kebijakan pembangunan, pendewasaan usia pernikahan, perlindungan anak dari asap rokok dan segala bahayanya, peningkatan akses terhadap kesehatan dan pendidikan serta pembelajaran siaga bagi anak-anak di wilayah rawan bencana, dan yang terakhir adalah stop kekerasan terhadap anak. 

Diakhir acara diadakan sesi foto bersama Presiden Joko Widodo dengan Menteri Kabinet Kerja serta Kepala Daerah yang hadir. (Sumber. Newswire.id)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh