TINGKATKAN PERCEPATAN PEREKAMAN DATA KTP ELEKTRONIK


Post by Dinas Pengendalian Penduduk, KB, Kependudukan & Pencatatan Sipil(FITHRATUL MUSLIMAH, S.Kom) | Posted on 14 Agustus 2017 15:32:35 WIB | Kependudukan | 942 kali dibaca


Download File

Perekaman data masyarakat untuk pembuatan KTP elektronik (KTP-el) perlu ditingkatkan. Masih ada masyarakat yang berada di daerah yang jauh dari ibukota Kecamatan yang belum melakukan perekaman data kependudukan. Hal ini menjadi salah satu indikator target kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota se Sumatera Barat untuk pencapaian angka perekaman KTP-el 100 %. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (PPKBKPS) Provinsi Sumatera Barat, H. Novrial, SE, MA, Ak dalam acara Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksanaan KTP Elektronik antara Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se Sumatera Barat.

H. Novrial menambahkan bahwa data yang digunakan dalam adminstrasi kependudukan adalah Data Konsolidasi Bersih (DKB) dan Data Pelayanan. Dinas harus cermat dalam melakukan singkronisasi kedua data ini supaya mendapatkan data yang akurat. Selain itu, dalam penyelenggaraan adminstrasi kependudukan Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota harus membuat berbagai inovasi pelayanan yang lebih baik dan sesuai dengan kondisi daerah, seperti penyediaan mobil keliling yang dapat menjangkau pelayanan adminstrasi kependudukan hingga ke Nagari bahkan ke jorong-jorong. Keterbatasan sarana prasarana serta SDM yang dialami mesti disikapi dengan bijak oleh Pemerintah Kabupaten/Kota melalui kebijakan penganggaran yang tepat, serta melakukan peningkatan kompetensi aparatur pelayanan penduduk.  

Acara Rapat Koordinasi yang dilaksanakan di Aula Kantor Gubernur Sumatera Barat pada tanggal 9 Agustus 2017 yang lalu dihadiri oleh 60 orang peserta yang terdiri atas Kepala Dinas Dukcapil, Kabid Pendaftaran Penduduk serta Admin Data Base (ADB) Kabupaten/Kota se Sumatera Barat. Turut hadir sebagai Narasumber dalam Rakor tersebut Pejabat dari Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri yaitu Adek Suliansyah dan H. Fhaturi. Beliau mengatakan bahwa untuk mempercepat perekaman penduduk dalam pelaksanaan KTP elektronik perlu dukungan dari Pemerintah Daerah berupa dukungan anggaran, Peningkatan kualitas SDM, penyediaan sarana dan prasarana serta  melakukan Perjanjian Kerja Sama layanan dengan instansi lain untuk menunjang penyelenggaraan administrasi kependudukan.

Selain itu untuk pencapaian target perekaman data penduduk secara nasional yang saat ini sudah mencapai 97,76 %, maka perlu dilakukan sharing pengalaman kabupaten/kota dalam melakukan percepatan perekaman dan layanan adminstrasi kependudukan guna tercapainya target Pemerintah Pusat. Dengan terekamnya data seluruh penduduk  dalam sistem informasi adminstrasi kependudukan, maka data ini dapat dimanfaatkan untuk perencanaan pembangunan yang lebih baik. (AP/FPAK)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh