Gubernur Sumbar Membuka Pemilihan Media Tradisional Tingkat Provinsi


Post by Diskominfo(Drs. AKRAL, MM) | Posted on 06 September 2017 12:58:27 WIB | Berita Terkini | 803 kali dibaca


Gubernur Sumbar Membuka Pemilihan Media Tradisional Tingkat Provinsi

Padang, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno membuka secara resmi Pemilihan Media Tradisional Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat  Tahun 2017 di auditorium Gubernuran Jalan Sudirman Padang. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh kepada Dinas Kominfo Kabupaten dan Kota se Sumatera Barat.

Pertunjukan Rakyat atau kesenian tradisional di Indonesia cukup banyak, tidak terkecuali di Sumatera Barat semuanya itu dapat digunakan sebagai alat penyampai pesan, seperti disampaikan Gubernur dalam sambutannya "banyak kesenian di Sumbar yang punya gaya tersendiri seperti randai, rabab saluang dan lain-lain yang semuanya ini dapat digunakan sebagai penyampaian pesan atau sebagai sarana mengkomunikasikan informasi kepada masyarakat atau publik"

Selanjutnya politisi PKS ini juga mengatakan  bahwa "Media tradisional atau kesenian tradisional sangat ampuh menyampaikan pesan ini di Sumbar, bahkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  dan LKAAM Sumbar memanfaatkan Media tradisional (saluang, randai dan rabab) menyampaikan pesan bencana kepada masyarakat dan ternyata memang ampuh dan mudah diterima masyarakat. Karena masyarakat (audience) lebih memahami dan bahkan masuk ke alam bawah sadar audience tersebut, artinya kearifan lokal sangat penting dalam penyampaian pesan kepada masyarakat". Disamping itu kesenian tradisional Sumbar juga sangat dikenal dan disenangi di luar negeri, untuk itu sangat perlu dilestarikan" imbuh beliau

Gubernur yang hobi berpantun ini juga berharap kepada pemerintah pusat (Kemkominfo)  dan pemerintah Kabupaten dan Kota untuk lebih meningkatkan lagi pembinaan kepada Kesenian Tradisional sehingga perannya dalam menyampaikan pesan pembangunan lebih maksimal lagi. 

Gubernur juga minta kepada dewan juri dalam melakukan penilaian agar lebih objektif, karena pemenang dari lomba ini nanti akan mewakili Sumbar di tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Palembang. Demikian beliau menutup pidatonya. 

Sebelumnya ketua panitia Yeflin Luandri yang juga kepala Dinas Kominfo Sumbar menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 6 sampai 7 September 2017 yang diikuti 17 Kabupaten dan Kota se Sumatera Barat, sedangkan Kabupaten Pasanan Barat dan Kabupaten Kepulauan Mentawai tidak mengirimkan pesertanya. Pemenang dari lomba ini akan diikutkan mewakili Sumbar untuk tingkat Nasional pada Pekan Informasi Nasional (PIN) di Palembang November 2017 yang akan datang. Seluruh peserta diinapkan dan biaya dari kegiatan ini berasal dari APBD Provinsi Sumatera Barat tahun anggaran 2017, demikian beliau menyampaikan. 

IUntuk penampilan perdana adalah group  Sangko Kalo peserta dari Kabupaten Sijunjung, dan sebelumnya dilakukan pemukulan beduk  oleh Gubernur bersama dengan kepada Dinas Kominfo Prov. Sumbar dan Kabupaten  dan Kota se Sumbar. Demikian dilaporkan. (by. Akral) 

 

 


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh