Rapat Evaluasi BBGRM se-Sumatera Barat


Post by Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa(IZATI, A.Md) | Posted on 10 November 2017 16:30:53 WIB | Kegiatan Strategis | 84 kali dibaca


Rapat Evaluasi BBGRM se-Sumatera Barat

Pelaksanaan Rapat Evaluasi Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat se-Sumatera Barat, yang dilaksanakan pada hari ini tanggal 9 s/d 10 November 2017 bertempat di The Axana Hotel, Jalan Bundo Kanduang No. 14-16 Padang.

Dalam Kegiatan Rapat Evaluasi Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat se-Sumatera Barat dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat diwakili oleh Kepala Bidang Kelembagaan Masyarakat dan Adat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat, Kamis (9/10).

Dalam sambutannya Kepala Bidang Kelembagaan Masyarakat dan Adat Dra. HENDRAWATI ROZA, M.Si mengatakan bahwa di Sumatera Barat nilai-nilai budaya kegotongroyongan dan swadaya masyarakat telah lama tumbuh dan berkembang serta sudah mengakar dalam kehidupan sehari-hari, yang pada akhir-akhir ini sudah kelihatan mulai memudar, dan oleh karena itu nilai-nilai budaya kegotongroyongan ini perlu perhatian kita dengan melakukan monitoring dan evaluasi lapangan serta melakukan peningkatan kemampuan pembinaan kepada masyarakat, yang bertujuan agar terdorong kembali nilai partisipasi yang positif masyarakat aktif dalam melakukan kegiatan pembangunan. Juga kegiatan pembangunan yang berorientasi kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat sebagai Gerakan Nasional yang tepat untuk dilaksanakan pada seluruh Nagari/Desa dan Kelurahan yang difasilitasi langsung oleh Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota. Tujuan dari pada kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat adalah untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan gotong royong menuju pada penguatan integrasi sosial melalui kegiatan gotong royong dalam pelaksanaan pembangunan dan pemeliharaan hasil-hasilnya sebagai suatu kegiatan yang berkelanjutan”, tutur Kabid.

Kepala Bidang Kelembagaan Masyarakat dan Adat Dra. HENDRAWATI ROZA, M.Si dalam Laporan Panitia Penyelenggaraan menyampaikan bahwa peserta Rapat Evaluasi Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat se-Sumatera Barat berjumlah 60 (enam puluh) orang, yang terdiri dari : Aparatur Pemberdayaan Masyarakat Kab./Kota sebanyak 19 orang, Unsur Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kabupaten/Kota sebanyak 19 orang, Unsur Tim Penggerak Program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten/Kota sebanyak 19 orang dan OPD terkait Provinsi sebanyak 3 orang. Para peserta diberikan fasilitas akomodasi dan konsumsi selama kegiatan berlangsung serta penggantian transportasi untuk peserta dari LPM sesuai dengan dana yang tersedia.

Adapun Tema kegiatan ini adalah : “Dengan Semangat Gotong Royong Kita Tingkatkan Pembangunan Sumatera Barat”.

Sedangkan narasumber kegiatan ini adalah :Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri RI, Kadis DPMD Provinsi Sumbar, Kepala Bappeda Provinsi Sumbar, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, Praktisi P3MD.

Maksud dari penyelenggaraan Rapat Evaluasi ini adalah :

  1. Pertemuan dan silaturahmi antara Pemerintah Daerah, Pemerintah Kabupaten/Kota dan Kelembagaan Masyarakat pendukung keberhasilan kegiatan BBGRM dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  2. Melaksanakan pembinaan dan peningkatan wawasan bagi Kabupaten/Kota, baik Aparat Pemberdayaan Masyarakat maupun Kelembagaan Masyarakat pendukung pelaksanaan BBGRM.
  3. Melaksanakan peningkatan pemahaman dan kapasitas Kelembagaan Masyarakat dalam mendorong, memotivasi dan menumbuhkembangkan kemampuan partisipatif, gotong royong dan swadaya masyarakat dalam pembangunan daerah serta kemampuan berinovatif dalam pembangunan.

Sedangkan Tujuan dari Penyelenggaraan Rapat Evaluasi ini adalah :

  1. Mengetahui tingkat keberhasilan Pelaksanaan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat dalam pembangunan baik secara fisik maupun non fisik terhadap kesejahteraan masyarakat.
  2. Meningkatnya partisipasi dan kepedulian Kelembagaan masyarakat sebagai mitra Pemerintah Daerah dalam mendukung program-program Pembangunan di Sumatera Barat terutama pada pelaksanaan BBGRM

Hasil yang diharapkan dari Rapat Evaluasi Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat se-Sumatera Barat  adalah :

  1. Rumusan pokok pikiran operasional pelaksanaan BBGRM berdasarkan Permendagri Nomor 42 Tahun 2007 terhadap Implementasi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa,
  2. Rumusan pokok program kegiatan selanjutnya dalam pelaksanaan BBGRM, pencanangan BBGRM dan penilaian pelaksanaan BBGRM terbaik secara berjenjang.
  3. Rumusan mekanisme peningkatan hubungan antar kelembagaan masyarakat dalam dukungan pelaksanaan BBGRM,
  4. Adanya peningkatan Sinergitas Pemerintah dan Kelembagaan Masyarakat sebagai mitra pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan di Sumatera Barat.

Penyelenggaraan Rapat Evaluasi ini dibebankan pada APBD Perubahan Provinsi Sumatera Barat yang dialokasikan pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat dengan kegiatan Pembinaan Bulan Bhakti Gotong Royong Tahun Anggaran 2017.

 

 

 

 


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • WIKILATIH PADANG

    • Sabtu, 25 November 2017
    • Sabtu, 25 November 2017
  • GEBYAR PENDIDIKAN 2017

    • Kamis, 16 November 2017
    • Sabtu, 18 November 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh