MASYARAKAT PADANG IKUT "FUN BIKE" MERIAHKAN PERINGATAN HARI PERHUBUNGAN TAHUN 2013


Post by Sub Bag. Sarana dan Prasarana(Sub Bag. Sarana dan Prasarana) | Posted on 16 September 2013 04:58:07 WIB | Berita Terkini | 1083 kali dibaca


Sekitar 4.000 masyarakat Kota Padang, Sumatera Barat antusias mengikuti kegiatan "Funbike" atau sepeda santai mengelilingi pusat kota pada peringatan hari Perhubungan Nasional 2013 di Sumatera Barat.

Pelaksanaan funbike dan senam diselenggarakan atas kerja sama Dinas Perhubungan dan Kominfo Provinsi Sumbar dengan berbagai elemen masyarakat juga dimeriahkan dengan bertaburan hadiah, mulai dari sepeda motor, sepeda goyang, AC, kulkas dan televisi serta beragam hadiah lainnya di halaman Kantor Gubernur Sumbar, Minggu pagi (15/9).

Dalam kesempatan tersebut,  juga dilakukan pembacaan dan penandatanganan deklarasi komitmen keselamatan jalan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang dipimpin Wakil Gubernur Muslim Kasim, Kadishub dan Kominfo Mudrika, Ketua Organda S Budi Sukur, Ketua YLKI Dahnil Aswad, serta perwakilan dari Ditlantas Polda Sumbar, Danlanut, Dishub Padang, serta unsur lainnya.

Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim menyampaikan, kegiatan yang digelar dalam momentum peringatan hari Perhubungan Nasional memberi berbagai dampak positif terhadap masyarakat.Keselamatan di jalan raya menjadi sesuatu perhatian saat ini dimana angka kecelekaan terhadap pengendara sangat tinggi dan harus menjadi tanggung jawab bersama, termasuk masyarakat sendiri.
     
Akhir-akhir ini begitu banyak kecelakaan sepeda motor dan juga kendaraan angkutan masyarakati, disebabkan kelalaian dalam mengemudi. Mereka yang menjadi korban dari kecelakaan di jalan raya anak-anak remaja atau masih usia produktif baik sebagai pengemudi atau pengguna jalan.

Oleh karena itu, momentum peringatan hari Perhubungan Nasional yang bertema "Bersama selamatkan anak bangsa", tentu harus menjadi perhatian bersama, muali dari orang tua, instansi pemerintah dan aparat keamanan.

Kegiatan fun bike dilakukan, menurut Wagub, merupakan upaya sosialisasi transportasi yang ramah lingungan kepada masyarakat. Selain itu, dengan membiasakan olah raga sepeda dayung memberi dampak terhadap kesehatan tumbuh dan pola ini tentu harus dibudayakan di tengah masyarakat.   "Kita cukup bangga dengan jumlah peserta senam dan fun bike yang sampai 4.000-an. Hal ini menunjukan masyarakat sudah mulai membudayakan olah raga sepeda," ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Sumbar Mudrika menambahkan target dari penyelenggara kegiatan hanya 2.500 orang, tetapi jumlah melebihi karena antusiasnya warga kota.
Tujuan dari kegiatan fanback juga membangun kesadaran semua komponen masyarakat untuk bagaimana membudaya keselamatan dalam berkendaraan di jalan raya.

Data-data akhir-akhir ini  sangat memprihatin kejadian-kejadian yang terjadi di berbagai daerah dalam kecelakaan menimbulkan banyak korban, tak luput pula dari kalangan remaja.
Justru itu, penting kontrol dari para orang tua terhadap anaknya, sehingga dalam mengemudi kendaraan mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan diutamakan keselamatan,    "Kita juga telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian agar dapat ditertibkan bagi pemiliknya. Karena Dishub Kominfo tak punya kewenagan menertibkan sesuai regulasi yang dan selain pembangun Pekan keselamatan harus membudaya," uajrnya.

(Humas Sumbar)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh