Dana Desa Tingkatkan Kreatifitas Masyarakat Nagari di Pasaman


Post by Diskominfo(Drs. AKRAL, MM) | Posted on 11 Desember 2017 15:14:01 WIB | Berita Terkini | 855 kali dibaca


Dana Desa Tingkatkan Kreatifitas Masyarakat Nagari di Pasaman

LUBUK SIKAPING 11 Desember 2017, Tim Penilai Kepala Daerah Dalam Pengelolaan Dana Desa Provinsi Sumatera Barat ketika melakukan Evaluasi di Kabupaten Pasaman, melihat keseriusan dan kesungguhan Bupati Pasaman Yusuf Lubis dalam mengelola keuangan Desa. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya infrastruktur yang dibangun dengan memanfaatkan Dana Desa serta tingginya partisipasi masyarakatnya.

Dalam eksposenya Bupati menyampaikan bahwa "Dana Desa di Pasaman untuk tahun 2017 berkisar 6,3 milyar, yang tersebar di 37 Nagari, pembangunan yang telah dilaksanakan dari tahun 2015 sampai 2017 antara lain adalah pembangunan jembatan dari beton dan baja 37 unit, rabat beton, MCK,  Balai Pemuda, Balai Desa, sarana olahraga, irigasi tersier, Batu Bronjong, Drainase,  sarana air bersih (pipanisasi), Jembatan gantung 8 unit,  gedung PAUD,  membuat Dam, pengerasan jalan dan pembukaan jalan desa. Disamping itu juga menguatkan perekonomian masyarakat, seperti penggemukan sapi,  pengolahan hasil petikanan, industri kreatif rumah tangga. Sehingga Dana Desa tidak saja meningkatkan pembangunan fisik tetapi juga meningkatkan kreatifitas masyarakat Nagari, seperti tingginya partisipasi masyarakat yang ikut merencanakan pembangunan dan bahkan ikut bekerja bergotongroyong. Kreatifitas masyarakat juga tinggi dalam meningkatkan perekonomiannya, demikian beliau menutup eksposenya.

Sebelumnya ketua Tim Drs. H. Basril Thaher dalam sambutannya mengatakan " Desa selama ini hanya sebagai objek pembangunan, tetapi sekarang Desa merupakan subjek pembangunan. Untuk itu sesuai peraturan maka Pemerintah Kabupaten merupakan pembina, pengawas dan acsesor pembangunan Nagari.

Selanjutnya Pamor senior ini mengatakan bahwa di era globalisasi yang serba transparan peran Pers dan media sangat diharapkan sekali apalagi sekarang Pers merupakan salah satu pilar dalam pelaksanaan pembangunan. Pers dapat mengakomodir pembangunan termasuk pengelolaan Dana Desa/Nagari.

Pak Bas demikian beliau dipanggil, juga berharap bahwa Kedepan dana desa semakin meningkat, untuk pengelo Dana Desa harus tepat sasaran, maka perlu pengawalan jangan sampai Kepala Desa/Walinagari terjerumus dan sampai berurusan dengan aparat penegak hukum, demikian beliau menutup sambutannya.

Anggota tim terdiri dari Drs. H. Basril Thaher,  Zulnadi. SH,  Gusfen Khairul, Jayusdi Effendi dan Eko Yance Edri. Demikian dilaporkan dari Pasaman.  (by. Akral)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh