Wabup Sijunjung Kunjungi Industri Rumah Tangga


Post by Diskominfo(EKO KURNIAWAN, S.Kom) | Posted on 14 Januari 2018 15:31:36 WIB | Berita Terkini | 176 kali dibaca


Wabup Sijunjung Kunjungi Industri Rumah Tangga

Sijunjung, 14 Januari 2018

Sebelum membuka pintu kendaraan BA 5 K, Wabup Sijunjung H. Arrival Boy, SH sempat membetulkan songkok unggan yang dikenakannya dipantulan kaca mobil yang mengkilat. Sejurus kemudian orang kedua di Kabupaten Sijunjung itu naik ke atas kendaraan dan duduk di jok kedua sebelah kiri seraya menutup pintu mobil pelat merah itu pelan.

"Kita Ke Lubuk Tarok," kata Wabup yang juga Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Sijunjung memberi instruksi kepada sopir andalannya. Dengan kecepatan 70 km/jam, mobil Fortuner warna hitam itu meluncur meninggalkan Kota Muaro Sijunjung. Rombongan kecil Wabup itu berencana menyambangi industri teh dan kopi di Kecamatan Lubuk Tarok, sebuah produk minuman khas yang diolah berdasarkan tradisi dan kearifan lokal Lubuk Tarok.

Tidak sampai satu jam, Wabup sudah sampai dilokasi industri teh dan kopi yang menjadi tujuan. Dia disambut Syafri dan Sas Junita tuan rumah yang juga pemilik industri yang masih berskala rumahan itu. Setelah berbasa basi tuan rumah kemudian menyilahkan pemimpin Sijunjung itu duduk di kursi tamu. Sejenak kemudian sambil duduk, tuan rumah menyuguhkan Garcitea dan Garcikopi. "Silahkan dinikmati Pak Wabup. Inilah produk yang sudah kami buat," ujar Syafri.

Wabup Arrival Boy segera menyeruput Garcitea yang terhidang. "Wow, khas rasanya," kata Wabup. Dia lalu menyeruput lagi sambil kembali merasakan nikmatnya racikan Garcitea Lubuk Tarok ini. Rasanya yang sedap, membuat Arrival Boy penasaran untuk mencicipi juga Garcikopi. "Woi, yang ini juga mantap," kata Wabup seraya manggut manggut. Sementara yang empunya rumah merasa sedikit bangga minuman hasil racikannya itu dipuji Wabup.

Sebetulnya, pujian Wabup itu bukan basa basi semata. Dua produk minuman tradidional ala Lubuk Tarok itu memang disenangi masyarakat. Itulah sebabnya begitu dikemas dan dipasarkan Gracitea dan Gracikopi ini mendapat tempat di hati masyarakat. Oleh karenanya, Syafri dan isteri sudah memproduksi untuk keperluan komersial dan sambutan pasar ternyata luas biasa besar.

Wabup mengaku gembira dengan banyaknya industri rumah tangga yang kian hidup. Sebelumnya telah ada industri tenun Unggan, Songkok Unggan, industri kipang dan galamai, kini sudah ada industri minuman teh dan kopi. Ini berkat sentuhan tangan dingin pemimpin daerah yang rajin berkunjung ke sentra-sentra industri rumah tangga, meski hari libur. Tampaknya Wabup yang satu ini punya cara tersendiri dalam memotivasi rakyatnya. 

Setelah menikmati minuman kemasan itu, Wabup segera pamit dan undur diri. Dia berencana melihat dari dekat kondisi infrastruktur daerah, khususnya di Kecamatan Lubuk Tarok. Didampingi Camat Lubuk Tarok, Dodi Katim, Wabup berkulit sawo matang ini melanjutkan perjalanan ke Nagari Latang dan sekitarnya.

Sumber : kantorberitathetarget.com


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • Penyerahan Hasil Pengawasan Kearsipan Eksternal (LAKE) oleh ANRI ke Le

    • Kamis, 14 Desember 2017
    • Kamis, 14 Desember 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh