Nagari Inderapura Utara Panen Ikan Perdana Di Lubuk Larangan


Post by Diskominfo(Desi Marlinda) | Posted on 14 Maret 2018 09:27:37 WIB | Berita Terkini | 514 kali dibaca


Nagari Inderapura Utara Panen Ikan Perdana Di Lubuk Larangan

PAINAN - Pemerintah Nagari Inderapura Utara, Kecamatan Air Pura, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), melaksanakan kegiatan panen Ikan Nila perdana dikawasan Lubuk Larangan daerah Irigasi Batang Transad. Selasa (13/3).

Pada kesempatan itu, Wali Nagari Inderapura Utara Ahmad Zuhri mengatakan, bahwa ada dua kegiatan yang dapat menambah pemasukan untuk daerah setempat, yakni Bumnag dan jenis usaha yang tengah dikelolah pemerintah nagari saat ini yaitu budidaya Ikan Nila Lubuk Larangan. 

Ia menjelaskan, usaha nagari tentang budidaya Ikan Nila sangat bagus untuk prospek kedepan. Sebab, selama 2 bulan 10 hari saja keuntungan bersih dari hasil panen bisa didapat mencapai Rp10 juta.

Jumlah tersebut kata dia, dapat dihitung dengan jumlah bibit 10.000 ekor Ikan Nila yang nantinya mampu mendapatkan hasil panen sekitar 50 persen dengan berat rata-rata 3 sampai 5 kilogram per ekor.

"Namun, pada tahap awal ini kita butuh pengawasan yang ketat. Sebab, banyak kendala atau serangan hewan liar. Sehingga kedepan bisa kita jadikan bahan evaluasi dimana titik kelemahannya," sebut Walinagari.

Menurutnya, pihak nagari sangat optimis usaha budidaya Ikan Nila Lubuk Larangan itu tetap berkelanjutan. Sebab, ia yakin bahwa program pemerintah itu akan membawa perubahan yang baik terhadap ekonomi masyarakat setempat. 

"Jika pemerintah daerah tidak menganggarkan lagi program ini kedepannya, maka kami dari pihak nagari siap untuk mengatasi dan melanjutkan program ini," ungkapnya.

Sementara itu, Camat Air Pura Junaidi memberikan apresiasi kepada Wali Nagari Inderapura Utara beserta perangkatnya, sebab dinilai berhasil melaksanakan program budidaya Ikan Nila Lubuk Larangan di nagari tersebut.

"Kita berharap kegiatan ini menjadi contoh kepada 9 nagari lainnya yang ada di Kecamatan Air Pura. Kita berharap kedepan dana desa ini jangan fokus kepada kegiatan fisik semua. Usahakan juga memperbanyak kegiatan pemberdayaan untuk pengembangan usaha," ajaknya.

Junaidi berharap kepada pemerintah daerah melalui Dinas Perikanan Pessel, kedepan seluruh nagari yang ada di Kecamatan Air Pura selalu mendapatkan bantuan bibit ikan beserta pakannya.

"Kedepan kita harapkan program ini tetap berkesinambungan dari Pemkab Pessel, sehingga membawa perubahan yang baik terhadap ekonomi masyarakat setempat," harapnya. 

Ditempat yang sama, Kabid Budidaya Perikanan Pemkab Pessel, Firdaus mengatakan, pihaknya berharap agar setiap kecamatan dan nagari selalu memanfaatkan saluran irigasi, seperti sungai, muara dan air tenang untuk dijadikan tempat budidaya Ikan.

"Jadi, untuk pengembangan budidaya Ikan Lubuk Larangan ini, kita telah sarankan kepada masing-maasing walinagari untuk mencarikan saluran irigasi yang agak besar, seperti sungai atau muara. Nanti kita buat program melalui Bumnag untuk bisa mendapatkan bantuan bibit dan pakan ikan kedepannya," sebutnya.

Kegiatan saat itu, dihadiri oleh Kabid Budidaya Ikan Pemkab Pessel Firdaus, Camat Air Pura Junaidi didampingi Sekretaris Kecamatan Burhanuddin, Walinagari Inderapura Utara Ahmad Zuhri, Iswandi PPL Perikanan Kecamatan Pancung Soal, LPMN, Bamus Nagari serta masyarakat setempat. (15)

sumber:portal pessel


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh