PERENCANAAN PENGADAAN CPNS


Post by Badan Kepegawaian Daerah(ROBY CHARMA,S.Kom) | Posted on 29 Maret 2018 10:19:57 WIB | Kepegawaian | 652 kali dibaca


PERENCANAAN PENGADAAN CPNS

Tanah Datar-Hari Kedua Rapat koordinasi (RAKOR)  Kepegawaian Pemerintah Provinsi dengan kabupaten/Kota Se- Sumatera Barat diawali oleh Syamsurizal pemateri dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (MENPAN-RB) dengan materi mengenai "perencanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)".


Menurut Syamsurizal Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun ini tergantung dari kesiapan Daerah masing-masing, kesiapan yang beliau maksud adalah Kesiapan daerah dalam tahap awal persiapan menyelesaian Analisis Jabatan (ANJAB), Analisis Beban Kerja (ABK), yang dapat menghasilkan Peta Jabatan, dimana setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus memiliki jabatan.


Dalam perencanaan  Pengadaan CPNS perlu memperhatikan beberapa hal diantara nya Sistem Merit Aparatur Sipil Negara (ASN), Misi dari Perencanaan ASN yang meliputi Berbagai Penataan diantaranya Penataan Struktur Organisasi, Penataan Jabatan, Penataan Kebutuhan ASN, Penataan dalam jabatan, Penataan Sistem Seleksi ASN, Pengembangan Kompetensi, peningkatan kesejahteraan ASN sehingga dapat menghasilkan SMART ASN.


Masih menurut Syamsurizal, dalam melakukan perencanaan pengadaan CPNS Pemerintah Daerah juga harus memperhatikan Dasar Hukum yang berlaku saat ini yakni Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 Tentang ASN dan PP no. 11 Tahun 2017 Tentang Managemen PNS, serta program wajib dan program Prioritas.

Program WAJIB meliputi : Kesehatan, Pendidikan, serta Penanggulangan Kemiskinan, sedangkan
Program Prioritas meliputi : Pembangunan Infrastruktur, Pembangunan Poros Maritim, pembangunan Ketahanan Energi, Pembangunan Ketahanan Pangan.

Selain membahas Mengenai Pengadaan Pegawai Melalui jalur CPNS pelamar umum syamsurizal juga memaparkan Perencanaan Pengadaan PNS melalui jalur inpassing, perbedaannya adalah jika pengadaan melalui jalur tes umum formasinya telah ada namun pegawainya belum ada, sedangkan melalui jalur inpassing pegawainya telah ada tinggal menunggu jadwal seleksinya NAmun dari kedua sistem tersebut daerah tetap harus mempersiapkan Formasinya.

Melihat sangat pentingnya materi yang disampaikan oleh pemateri, seluruh peserta sangat antusias dalam mendengarkan dan memahami pemaparan yang disampaikan oleh Syamsurizal, hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan dalam sesi pertama hari ke dua rakor Kepegawaian Tahun ini.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh