Gubernur Serahkan Bantuan Untuk Warga Terdampak Banjir Di Kabupaten Solok


Post by Badan Penanggulangan Bencana Daerah(HERA ARMAN, ST) | Posted on 13 September 2018 10:25:01 WIB | Badan Penanggulangan Bencana Daerah | 378 kali dibaca


Gubernur Serahkan Bantuan Untuk Warga Terdampak Banjir Di Kabupaten Solok

KAB.SOLOK(10/9)- Gubernur Sumatera Barat Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, S.Psi., M.Sc didampingi Kalaksa BPBD E.Rahman,SE.M.Si dan Kepala Biro Binsos Drs. Ifrah, M.Pd menyerahkan bantuan untuk Korban Banjir di Kabupaten Solok pada hari Senin tanggal 10 September 2018 . Gubernur menyerahkan bantuan berupa uang dari Baznas dengan nilai total 60 juta rupiah, Paket Logistik dari BPBD Prov. Sumbar senilai 25 Juta Rupiah dan dari Dinas Solial Berupa 30 karton mie instan dan 30 karton air Mineral kemasan.

Adapun Bantuan uang dari Baznas diberikan kepada pemilik 9 rumah yang rusak akibat banjir, keluarga dari 2 warga yang meninggal dan Orang Tua Bayi yang kini dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah. Bantuan dari BPBD Prov. Sumbar berupa Sandang, Perlengkapan Sekolah, Perlengkapan Makan, Peralatan Dapur Keluarga, Peralatan Bayi, Family Kit, Kompor Biomasa, Kain sarung dan Terpal Oxfam.

Hujan deras yang terjadi pada tanggal 6 September 2018 di Provinsi Sumatera Barat menyebabkan meluapnya Batang Lembang, Batang Halim dan mengakibatkan Banjir di Nagari Muaro paneh, Nagari Kinari Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok. Meluapnya sungai disebabkan oleh pendangkalan dasar sungai bantang lembang.

 

Banjir melanda 4 dari 5 Nagari yang ada di Kec. Bukik Sundi, selain berdampak terhadap 1830 warga Nagari Muaro Paneh dan 1739 warga Nagari Kinari, banjir juga menyebabkan kerusakan sejumlah fasilitas umum dan infrastruktur yang tersebar di Nagari Parambahan, Nagari Kinari, dan Nagari Dilam.

di Nagari Parambahan, banjir menyebabkan jalan di Jorong Balai longsor. Sedang di Nagari Kinari, banjir menyebabkan terbannya tebing sungai sepanjang 750 m dan menumpuknya sedimentasi dalam aliran sungai sepanjang 2000 m, terbannya tembok penahan saluran sepanjang 15 m di Bandar Halim, dan jebolnya saluran irigasi sepanjang 75 m di Bandar Lelo. di Nagari Dilam, banjir menyebabkan jebolnya 4 unit bendungan dan 600 meter saluran irigasi.(HA)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh