Kepala Badan Kesbangpol Prov. Sumbar : Tim Pengawasan Orang Asing Hendaknya Ada di Semua Daerah


Post by Badan Kesatuan Bangsa dan Politik(TITA SHANIA) | Posted on 30 September 2018 14:46:09 WIB | Berita Terkini | 499 kali dibaca


Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Azazi Manusia (Kemenkum dan HAM) Republik Indonesia (RI), menyelenggarakan workshop Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) pada hari Kamis (27/09), bertempat di Hotel Bumi Minang, Padang. Kegiatan ini bertema “Penguatan Peran Tim PORA Kecamatan Dalam Pengawasan Tenaga Kerja Asing Ilegal”, dan mengundang Kapolres dan Camat se- Sumatera Barat.

Pada kesempatan ini, Kepala Badan Kesbangpol Prov. Sumbar, Nazwir, SH, M.Hum memberikan paparan. Beliau mengatakan penguatan tim PORA di daerah adalah hal yang sangat penting dilakukan, dan tim PORA hendaknya telah dibentuk di semua kabupaten/kota. Hal ini sangat urgen, karena dengan keberadaan tim PORA di semua daerah, maka pengawasan terhadap orang asing, khususnya Tenaga Kerja Asing (TKA) dan aktivitasnya di Sumatera Barat dapat lebih maksimal dilakukan.

Beliau juga menekankan pentingnya penguatan lembaga kesbangpol di kabupaten/kota, mengingat salah satu tugasnya adalah melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap keberadaan orang asing. Hal ini sesuai dengan Permendagri Nomor 49 Tahun 2010 tentang Pedoman Pemantauan Orang Asing dan Organisasi Masyarakat Asing Di Daerah.

Workshop ini utamanya fokus pada penguatan peran camat dalam melakukan pengawasan terhadap orang asing khususnya TKA, mengingat kecamatan adalah level pemerintahan daerah yang berada di bawah dan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Namun, ada beberapa kendala yang masih menjadikan pengawasan tersebut belum maksimal, salah satunya yakni keberadaan kantor Imigrasi di Sumatera Barat yang hanya ada di Padang dan Agam, dengan coverage area masing masing kantor yang cukup berjauhan, sehingga masih menyulitkan koordinasi ketika terjadi permasalahan di daerah. Turut memberikan materi pada kegiatan ini yaitu Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prov. Sumbar, yang membahas tentang persoalan persoalan TKA di Sumatera Barat.

Kedepannya, kantor Imigrasi dan pemerintah daerah akan melakukan sejumlah upaya upaya konkret sehingga pengawasan dan pemantauan terhadap orang asing khususnya TKA di Sumbar dapat berjalan dengan maksimal.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh