KIAT SUKSES MENJADI PENGUSAHA PEREMPUAN


Post by Tenaga Artikel(Zakiah) | Posted on 25 Maret 2019 02:30:14 WIB | Artikel | 215 kali dibaca


KIAT SUKSES MENJADI PENGUSAHA PEREMPUAN

KIAT SUKSES MENJADI PENGUSAHA PEREMPUAN

Bagi perempuan terkadang berada dalam posisi yang dilematis antara memilih karir dan keluarga. Namun, sudah banyak contoh perempuan yang mampu sukses di segala bidang, baik di pemerintahan maupun karir lainnya seperti menjadi pedagang dan pengusaha.

Memang bukan hal yang mudah bagi seorang perempuan untuk memulai bisnisnya sendiri, apalagi jika dia sudah berkeluarga. Hal ini karena adanya tanggung jawab besar terhadap kehidupan anak-anaknya ditambah dengan tanggung jawab yang tidak kalah besar dalam kelangsungan bisnisnya. Meskipun demikian, bukanlah hidup jika tidak ada risiko. Sebagai perempuan juga perlu mengembangkan diri, tidak hanya untuk dirinya, tetapi juga sebagai pembelajaran bagi anak-anaknya kelak.

Bagi perempuan yang berani mengambil risiko dengan memulai bisnis, ia dapat meminimalisasikan risiko tersebut dengan beberapa langkah berikut ini. Tahap pertama adalah mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan yang spesifik bagi perempuan. Ada beberapa langkah dalam metode pertama ini,yakni ;

1. Baca Pengalaman Sukses Perempuan.Begitu banyak perempuan karir yang sukses di luar sana, baik dalam dunia bisnis maupun bidang lain. Teliti dan pelajarilah kisah sukses mereka dalam memulai karirnya. Hal ini akan memberikan motivasi dan inspirasi untuk kita.

2. Lakukan Penelitian.Lakukan penelitian terlebih dahulu terkait perempuan yang bekerja di bidang yang akan kita geluti. Cari tahu segala informasi mengenai langkah-langkahnya dalam memulai bisnis. Cari tahu di mana perempuan itu mendapatkan pengetahuan untuk menjalankan bisnisnya. Hal ini dapat membantu kita dalam membuat rencana bisnis .

3. Sedikitnya Perempuan dalam Bidang Tertentu. Kita harus menyadari jika masuk dalam bisnis di mana pelaku perempuannya terbilang sedikit. MIsalnya, dalam bidang ilmu pengetahuan, mesin, teknologi, matematika, dan komputer. Untuk itu, memang harus diakui sulit bagi perempuan bersaing dalam bidang-bidang tersebut.

4. Menjaga Keseimbangan antara Pekerjaan dan Keluarga. Perempuan berkarir harus mampu menyeimbangkan waktu antara urusan pekerjaan dengan keluarga. Pasalnya, perempuan menjadi kunci perkembangan anak-anaknya, tetapi di sisi lain dia juga harus berusaha mengembangkan bisnisnya. Kebanyakan perempuan meninggalkan pekerjaannya untuk sementara waktu selama masa mengurusi anak-anaknya. Hal ini guna menghindari konflik kepentingan. Namun, cara terbaik untuk menyeimbangkan waktu ini adalah perempuan dapat memilih pekerjaan atau bisnis yang tidak menguras waktu seharian penuh dan dengan jadwal yang lebih fleksibel sehingga mereka bisa bekerja sekaligus mengurusi anak-anaknya.

5. Adanya Prinsip Ketidaksetaraan Upah. Sebagai perempuan, harus menyadari adanya ketidaksetaraan pendapatan dengan laki-laki. Untuk itu kita harus mampu melakukan negosiasi ketika memutuskan pembayaran.

6. Percaya Diri. Memiliki kepercayaan diri dalam diri  merupakan modal penting dalam mencapai kesuksesan. Jika kita percaya diri maka orang-orang akan yakin dengan proyek yang tengah kita pegang.

7. Bersikap Tegas. Adanya streotipe bahwa perempuan bekerja dengan perasaan harus bisa ditepis. Buktikan bahwa kita mampu bersikap tegas dalam menentukan kebijakan atau keputusan penting.

8. Menerima Kritik dengan Baik. Perempuan harus mampu menerima segala kritikan, baik yang membangun atau justru hanya menghancurkan bisnis kita. Semua kritikan tersebut bermanfaat terutama dalam mengembangkan bisnis kita, walaupun terkadang kritikan yang negatif dapat menyakitkan hati, tetapi tetap harus diterima dengan lapang dada.


Tahap kedua, adalah tahap meraih kesuksesan secara umum. Tidak hanya untuk perempuan, tapi kiat sukses tahap ini juga biasa dilakukan laki-laki:

1. Temukan dan Ikuti Passion dalam diri. Agar mencapai kesuksesan,kita  harus memiliki passion terhadap apa yang dilakukan. Sangat menyenangkan jika pekerjaan kita merupakan bagian dari passion diri. Semua orang punya passion dan kita harus mampu menemukan passion tersebut.

2. Teroganisasi dengan baik. Kesuksesan bisa diperoleh jika kita merencanakan segala hal dengan baik, dari rencana jangka panjang, hingga rencana harian. Perencanaan yang terorganisasi dengan baik dapat membantu kita mengatur waktu dalam melaksanakan pekerjaan sesuai target .

3. Jaringan. Dalam berbisnis, amat perlu memperluas jaringan. Jaringan yang perlu dibangun adalah dengan pihak-pihak yang memberikan keuntungan bagi bisnis kita, seperti dengan profesional dan orang-orang yang telah sukses terlebih dahulu.

4. Kreatif.  Kita harus berpikir kreatif dalam menciptakan suatu bisnis. Selain itu, juga perlu kreatif dalam menyelesaikan masalah. Kombinasikan logika, strategi berpikir, dan analisis kritis dengan imajinasi dan intuisi.

5. Raih Pendidikan yang Baik. Jangan meremehkan pendidikan dalam berkarir. Pasalnya, dengan pendidikan yang baik, kita akan mendapatkan banyak informasi, ide, teori, dan formula untuk menyelesaikan pekerjaan.

6. Selalu Belajar. Jangan takut untuk bertanya mengenai segala hal. Hal ini guna mengetahui kelemahan diri sehingga kita bisa belajar untuk mengembangkan diri. Selalu tingkatkan kemampuan , belajar dan terus belajar.

7. Mau Bekerja Keras. Tidak ada kesuksesan tanpa pengorbanan. Kesuksesan tidak dapat diraih dalam waktu singkat. Untuk itu, kita perlu bekerja keras untuk meraihnya.

8. Gigih. Jika kita mengalami kegagalan, jangan berkecil hati. Kita harus bangkit kembali dan kembali mencoba. Kesuksesan tidak dapat diraih dengan mudah.

9. Berani. Menjadi pengusaha perempuan yang sukses berarti kita harus keluar dari zona aman. Tidak semua hal dapat berjalan sesuai rencana, tetapi itu bukan akhir dunia. Kita harus mencoba kembali dengan melakukannya secara lebih baik. 

Semoga bermanfaat.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh