DISPORA SUMBAR LATIH TANGGAP BENCANA BAGI PRAMUKA PENEGAK


Post by Dinas Pemuda dan olahraga(Dinas Pemuda dan olahraga) | Posted on 25 Maret 2019 14:26:08 WIB | Berita Terkini | 256 kali dibaca


DISPORA SUMBAR LATIH TANGGAP BENCANA BAGI PRAMUKA PENEGAK

PADANG, SP...Sebanyak 30 peserta mengikuti kegiatan pelatihan tanggap darurat bencana bagi pramuka penegak tingkat Provinsi Sumatera Barat di Hotel New Razaki, By Pass Padang, Sabtu (22/2/2019).

Acara yang digelar dari 22-25 Maret 2019 ini secara resmi dibuka Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumbar, Adib Alfikri dengan melakukan pengalungan tanda peserta secara simbolis kepada peserta didampingi Sekretaris Dispora Sumbar.

Ketua Pelaksana Kabid Pemberdayaan Pemuda, Edwarsyah Ramli mengatakan, Pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan anggota pramuka agar senantiasa siaga bersama-sama membantu serta menaggulangi bencana.

Menurutnya, memberikan pengetahuan kepada anggota pramuka agar peka terhadap kemungkinan yang akan terjadi baik itu bencana akibat faktor alam ataupun akibat perilaku manusia.

“Agar di setiap gugus depan dapat membentuk tim pramuka peduli penanggulangan bencana yang secara langsung berada di wilayah masing-masing dan selalu berkoordinasi dengan Kwatir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat,” ujarnya.

Selain itu, pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan peran serta pramuka dan meningkatkan kapasitas pramuka bencana, serta meningkatkan daya kerja pramuka bencana sehingga menghasilkan  relawan yang tangkas dan tangguh menghadapi bencana.

“Dari 30 peserta, 13 orang dari Gudep SLTA, 10 orang Gudep Perguruan Tinggi, 3 orang Gudep Teritorial dan 4 orang Dewan Kerja Daerah,” terangnya.

Kadispora Sumbar dalam sambutanya berharap kepada 30 peserta pelatihan tanggap darurat bencana bagi pramuka penegak dari berbagai daerah di Sumbar untuk mengikuti kegiatan ini dengan sunguh-sunguh, agar bisa menjadi relawan yang tanggap dan tangguh.

“pelatihan ini berbeda dengan yang lain, karena teknisnya bersifat bencana, untuk itu tunjukan kita siap, kita punya misi yang mulia dan khusus dalam tanggap darurat. Untuk itu, saya berharap kepada peserta setelah dilatih menjadi lebih tanggap dan tangguh dalam menghadapi bencana nantinya,” kata Adib.

Adib mengaku sangat mengapresiasi program ini yang bertujuan melatih para pramuka untuk tanggap bencana. Namun ia berkeinginan kedepan pelatihan ini diikuti mininal perwakilan dari setiap kabupaten sehingga pesertanya akan lebih banyak. 

“Pelatihan ini perlu dirancang lagi kedepan ditunjang dengan anggaran yang memadai. Apalagi Sumbar memiliki potensi bencana yang cukup banyak, seperti longsor, banjir kebakaran, gempa dan lain- lain,” urai Adib. ( Mul )


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh