Pemantapan Wawasan Kebangsaan Perkuat Rasa Nasionalisme Generasi Muda


Post by Badan Kesatuan Bangsa dan Politik(TITA SHANIA) | Posted on 02 April 2019 08:47:19 WIB | Berita Terkini | 290 kali dibaca


Pemantapan Wawasan Kebangsaan Perkuat Rasa  Nasionalisme Generasi Muda

Senin  (01/04) bertempat di Ruang Pertemuan Restoran Joyo Makmur Kota Pariaman telah berlangsung Forum Pemantapan Wawasan Kebangsaan Bagi Siswa SLTA/Generasi Muda se Kota Pariaman .

Kegiatan dihadiri oleh Wakil Walikota Pariaman Bapak Drs. Mardison Mahyudin, MM, Kepala Badan Kesbangpol Prov. Sumbar Nazwir, SH, M.Hum, Kepala Kantor Kesbangpol Kota Pariaman Drs. Efirizal, MM dan 125 orang peserta yang berasal dari siswa SLTA/Generasi Muda se Kota Pariaman. 

Forum Pemantapan Wawasan Kebangsaan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada siswa/generasi muda yang ada di Kota Pariaman tentang pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam upaya mencegah disintegrasi bangsa.

Dalam sambutannya Wakil Walikota Pariaman mengatakan bahwa pemantapan wawasan kebangsaan penting dilakukan untuk menjauhkan generasi muda dari paham radikal yang ingin mengganti dasar negara. Usia pelajar dan pemuda merupakan masa mencari jati diri termasuk idiologi. Jika tidak memiliki wawasan kebangsaan, tentu akan mudah terpengaruh oleh idiologi lain yang datang dari luar. Wawasan kebangsaan yang dimiliki akan menjadi semacam proteksi. 
Pemahaman wawasan kebangsaan yang baik juga memperkuat rasa nasionalisme generasi muda di Kota Pariaman. Nasionalisme akan tumbuh apabila kita memiliki wawasan kebangsaan. Kita harus paham alasan atau sebab kenapa memperjuangkan negara ini. Jika wawasan kebangsaannya kuat, nasionalismenya juga akan kuat.

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan oleh 4 orang narasumber yang dipandu moderator. Adapun yang menjadi narasumber adalah :
    ⁃  Wakil Walikota Pariaman Drs. Mardison Mahyudin, MM dengan materi “Kebijakan Pemerintah Kota Pariaman dalam Upaya Penguatan Wawasan Kebangsaaan.
    ⁃    Kaban Kesbangpol Prov. Sumbar Nazwir, SH, M.Hum dengan materi “Pemantapan Wawasan Kebangsaan bagi Generasi Muda”
    ⁃    Letkol Arm. Heri Pudjiyanto, S.IP Dandim 0308 Pariaman Kepala dengan Materi “Memahami Pilar-Pilar Kebangsaan dan Implementasinya dalam Bela Negara”
    ⁃    Akademisi Universitas Negeri Padang Hendra Naldi, M. Hum, dengan materi “Pemantapan Wawasan Kebangsaan melalui Pengenalan Sejarah Perjuangan Bangsa”.

Pemerintah Kota Pariaman terus mendorong pemantapan wawasan kebangsaan generasi muda di Kota Pariaman. Berbagai kegiatan seminar dalam ruangan dan outbond telah diprogramkan untuk pendidikan wawasan kebangsaan di Kota Pariaman.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh