Kanwil Kemenhan Sumbar Gelar Seminar Sinkronisasi Kebijakan Pertahanan Negara di Kota Padang Panjang


Post by Diskominfo(Desi Marlinda) | Posted on 08 Mei 2019 12:35:52 WIB | Berita Terkini | 98 kali dibaca


Kanwil Kemenhan Sumbar Gelar Seminar Sinkronisasi Kebijakan Pertahanan Negara di Kota Padang Panjang

Padang Panjang, InfoPublik - Peranan pertahanan negara dapat menimbulkan sikap bela negara, cinta tanah air, dan bermoral yang mengacu kepada ideologi Pancasila.

Agar pemahaman tentang sistem pertahanan semesta negara serta hak-hak sebagai komponen bangsa dalam memperkuat pertahanan bangsa dapat terlaksana, Pemerintah Kota Padang Panjang bersama Kantor Wilayah Kemhan Provinsi Sumatera Barat menggelar Seminar Sinkronisasi Kebijakan Pertahanan Negara Prov. Sumbar Tahun Anggaran 2019, bertempat di Hall Lt.III Balaikota Padang Panjang, Selasa (30/4).

Seminar tersebut dibuka oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, dihadiri oleh Wali kota dan Wakil Wali kota Padang Panjang Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano dan Drs. Asrul, Kepala Kantor Wilayah Kemhan Provinsi Sumatera Barat Kolonel. Inf. Choirul Mustofa, S.Sos, M.Si, unsur Forkopimda, dan Pejabat Sekda.

Dalam sambutannya Nasrul Abit menyampaikan bahwa Kementerian Pertahanan merupakan lembaga negara pengemban fungsi pemerintahan pada bidang pertahanan, yang berperan aktif mendorong untuk terwujudnya sinergitas kementerian atau lembaga bersama pemerintah daerah dalam mencapai tujuan negara.

“Pertahanan negara bukanlah tanggung jawab TNI dan Polri saja, melainkan seluruh elemen masyarakat harus terlibat didalamnya,” ujar Wagub.

Pertahanan negara tersebut tidak hanya dalam bentuk bela negara, tetapi ada tiga unsur pokok yang membantu terlaksananya peranan tersebut, diantaranya pemerintahan, pembangunan ekonomi, sosial kepada masyarakat.

"Kita berharap dengan seminar yang dilaksanakan ini, masyarakat lebih mendapat pemahaman tentang pentingnya arti bela negara dalam pertahanan negara," jelas Nasrul Abit.

Sementara, Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran mengatakan harapannya agar masyarakat hadir ditengah pertahanan negara.

"Saya sangat berterimakasih dan mengapresiasi Kanwil Kemenhan Sumbar,  semoga hasil dari seminar ini mendapat pemahaman yang nantinya dapat  diimplementasikan oleh masyarakat Kota Padang Panjang," ungkapnya.

Selain itu, generasi muda merupakan tonggak yang akan menjadi generasi penerus untuk pertahanan negara. Maka dari itu, perlunya sinkronisasi antara Kemenhan terhadap pertahanan daerah.

Sementara Choirul Mustofa menambahkan "kami inginkan pengelolaan pertahanan negara dapat menjadikan sumber daya manusia yang tangguh dalam menghadapi setiap ancaman".

Seminar kali ini diikuti sebanyak 90 orang yang terdiri dari mahasiswa, tokoh masyarakat serta Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kegiatan tersebut diakhiri dengan penyerahan cinderamata dan pertukaran cinderamata dari Kanwil kepada Wakil Gubernur serta dari Kanwil  kepada Pemerintah Kota Padang Panjang .(ci/kominfo)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh