Pemkab Pasaman Barat Evaluasi Penyelenggaraan SPBE


Post by Diskominfo(Desi Marlinda) | Posted on 08 Mei 2019 12:40:31 WIB | Berita Terkini | 241 kali dibaca


Pemkab Pasaman Barat Evaluasi Penyelenggaraan SPBE

Pasaman Barat, InfoPublik - Hasil evaluasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) RI terhadap penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) pada Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat menunjukkan hasil yang kurang menggembirakan, dimana diperoleh hasil sebesar 1,87 dengan predikat cukup.

“Hasil tersebut merupakan potret dari pelaksanaan SPBE di Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat,” ujar Bupati Pasaman Barat, Syahiran pada sambutannya ketika membuka  kegiatan Sosialisasi SPBE di Aula Kantor Bupati, Selasa (30/4/2019).

Menyikapi hal ini, ia mengharapkan agar terjadi peningkatan koordinasi dan partisipasi lintas OPD lingkup Pasaman Barat.

“Berikan masukan, arahan dan sumbangan pemikiran agar level SPBE di Pemkab Pasaman Barat dapat meningkat lebih baik lagi,” harapnya.

Kepala Bidang Layanan Komunikasi dan Informatika Diskominfo Sumbar, Oni Fajar Syahdi dalam paparannya selaku narasumber menyampaikan bahwa sejatinya penekanan pada SPBE adalah tata kelola pemerintahan berbasis IT (Informasi Teknologi) dengan tujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien.

Dikatakan, pada skala provinsi, Sumatera Barat mendapatkan nilai SPBE sebesar 2,78 (Predikat Baik). Hasil ini diperoleh dari sinergitas seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat khususnya yang berkaitan langsung dengan pelayanan publik.

“Hal ini dibuktikan melalui sejumlah aplikasi layanan administrasi pemerintahan seperti e-Planning, e-Budgetting, SIMPEG, Lapor SP4N, LPSE, E-Perizinan dan lainnya,” jelas Oni.

Pengelolaannya dimulai dari penyusunan kebijakan (regulasi), pelaksanaan layanan dan monitoring evaluasi dari pemanfaatan aplikasi tersebut.

Pada kesempatan sosialisasi juga diperoleh beberapa masukan dan saran dari sejumlah kepala OPD, dimana diharapkan peran dan fungsi Diskominfo sebagai supporting system dalam mendukung ketersediaan infrastruktur TIK dan aplikasi perangkat daerah. (INS/DM/ MMC Diskominfo)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh