Pemberdayaan KIM Lahirkan Masyarakat Cerdas Informasi


Post by Diskominfo(EKO KURNIAWAN, S.Kom) | Posted on 08 Mei 2019 13:13:28 WIB | Berita Terkini | 33 kali dibaca


Pemberdayaan KIM Lahirkan Masyarakat Cerdas Informasi

Padang Panjang, InfoPublik - Mengusung tema Peranan Komunitas Masyarakat dalam Menjaring dan Menyebarkan Informasi di Era Digital, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Padang Panjang gelar Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Aula Kecamatan Padang Panjang Timur, Selasa (30/4/2019).

Kegiatan tersebut mendatangkan narasumber dari Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat Kasi Pengelolaan Informasi Publik (PIP) Ibnu Sectio Caisaria, S.IP, M.I.Kom dan dibuka langsung oleh Camat Padang Panjang Timur Doni Rahman, S.Pd.I, dan dihadiri Plt. Kasi PKP Yuliati Desi Putri, S.Pt serta Komunitas Organisasi yang ada di Kota Padang Panjang.

Doni Rahman sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi ini, semoga kegiatannya berjalan lancar dan manfaatkanlah waktu ini untuk menggali serta menambah ilmu dalam menyebarkan informasi.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo melalui Plt. Kasi PKP Yuliati menyebutkan Sosialisasi ini merupakan upaya pemberdayaan KIM sebagai mitra pelayanan informasi publik Pemerintah Kota Padang Panjang.

KIM ini merupakan mitra dari Dinas Kominfo dalam menyebarluaskan informasi publik, untuk itu peranan KIM sangat strategis sebagai media penyampai informasi atau kebijakan pemerintah ke masyarakat luas.

Disisi lain melihat peran KIM yang begitu efektif untuk menyebarkan informasi publik, pemberdayaan KIM perlu segera dilakukan. Sumbangan-sumbangan berupa pemikiran pengembangan, sosialisasi dan teknis pelatihan anggota KIM patut diusulkan dalam program kegiatan Pemerintah Daerah.

Sementara itu Ibnu Sectio Caisaria sebagai pembicara inti dalam paparannya mengatakan, KIM merupakan wahana informasi dan komunikasi antara KIM dengan Pemerintah, sebaliknya sebagai mitra dialog dengan pemerintah dalam merumuskan kebijakan publik, sebgai sarana peningkatan pemberdayaan dibidang informasi dan sebagai lembaga atau kelompok.

"KIM ini dibentuk dari masyarakat dan untuk masyarakat itu sendiri, dimana masyarakat ini diminta kreatifitas serta aktif dalam sebuah organisasi," ujar Ibnu.

Jika KIM ini diberdayakan dengan baik, maka akan lahir masyarakat-masyarakat yang cerdas.

Selain itu Ibnu juga mengatakan bahwasanya dalam menyebarluaskan informasi masyarakat harus pandai memilah dan memilih mana informasi yang benar dan hoax.

"Saat ini masyarakat umumnya menggunakan media sosial baik itu Instagram, Facebook Twiiter dan lain sebagainya, dalam penggunaan media sosial itu kita harus lebih bijak dan cerdas, jika tidak media sosial inilah yang akan menghancurkan kita sendiri," tegas Ibnu.

KIM ini bisa mengakses informasi dari berbagai sumber,  tidak saja dari media massa tetapi juga dari media yang berbasiskan teknologi informasi (internet), tambah Ibnu. (cg/kominfoPP)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh