Kesuksesan dan Hidup Sehat


Post by Erwinfs(Erwinfs) | Posted on 29 September 2019 12:09:43 WIB | Artikel | 107 kali dibaca


Kesuksesan dan Hidup Sehat

Harian Kontan menulis kisah salah satu miliarder yang masuk 50 orang terkaya di Malaysia, Lim Wee Chai. Tulisan tersebut terbagi menjadi tiga buah tulisan yang terbit di tiga edisi. Menurut saya, tulisan tersebut cukup menarik, karena menceritakan perjuangan Lim Wee Chai serta upayanya agar tetap hidup sehat dan panjang umur. 

Lim mendirikan perusahaan produsen sarung tangan, dan kemudian membesar hingga menjadi salah satu produsen sarung tangan terbesar di dunia. Top Glove Corporation adalah nama perusaahn Lim. Ia merintis usaha bersama istrinya. 

Lim sebelumnya adalah pekerja di perusahaan. Kemudian memutuskan berhenti dan dengan uang tabungan yang dimiliki senilai 180.000 ringgit Malaysia ia mulai membangun usaha dengan membeli pabrik sarung tangan yang bangkrut. Pesaingnya tidak sedikit, karena harus berhadapan dengan sedikitnya 250 perusahaan yang ada di Malaysia. 

Lim memang nekat ketika berhenti bekerja dan memutuuskan berusaha. Karena seluruh tabungannya dipakai untuk usaha dan ia bertekad harus bisa sukses. Jika gagal, maka tak ada uang lagi yang ia punya. Namun sesungguhnya kenekatannya diikuti dengan hitung-hitungan yang ia punya. Orang tua Lim memiliki kebun karet, sehingga Lim sudah memiliki ketertarikan terhadap karet sejak kecil. Lim dan istri memilih bisnis sarung tangan karena melihat permintaannya tinggi serta potensi permintaannya besar.

Ketika terjadi epidemi HIV/AIDS permintaan sarung tangan makin besar. Di mana para pesaing semakin berkurang karena tidak sanggup memenuhi standar yang diminta importir. Seiring waktu, Lim berhasil mengekspor sarung tangan ke 195 negara, baik sarung tangan kesehatan maupun non kesehatan. Negara terbesar yang mengimpor sarung tangan Lim adalah Amerika Serikat, Jepang, Brasil, dan Turki. Sementara jumlah pelanggannya mencapai 2000 perusahaan. Lim juga mendirikan perusahaannya dan juga pabrik di beberapa negara  seperti Thailand, Cina, Amerika Serikat, dan Eropa. Dan menguasai 25% pangsa pasar dunia.   

Penghasilan Lim pada 2018 mencapai 4,21 miliar dolar AS atau sekitar Rp 58,94 triliun. Sedangkan kekayaanya mencapai 1,2 miliar dolar AS. Meskipun demikian, Lim tetap menjaga kesehatan badannya. Ia memasang target bisa berumur 120 tahun, dan tetap gagah hingga 90 tahun. Agar bisa mencapai umur demikian, ia menerapkan hidup bersih, menjaga pola makan, bekerja dengan baik, olahraga teratur, serta tidur nyenyak. Ia meyakini bahwa untuk menjalankan perusahaan dengan baik harus diiringi dengan gaya hidup sehat. Usia Lim saat ini adalah 61 tahun. 

Lim rajin menyikat gigi. Sedikitnya ia sikat gigi tiga kali dalam sehari. Kemudian banyak mengonsumsi sayuran. Ia percaya bahwa dengan disiplin menyikat gigi bisa mencegah bakteri di mulut yang menjadi penyebab banyak penyakit. 

Karyawan Lim diberikan peralatan perawatan gigi gratis agar mereka juga bisa menjaga kesehatan. Lim juga menerapkan pelarangan merokok di perusahaan, dan tidak mempekerjakan perokok. Lim percaya jika karyawan hidup sehat secara fisik maka mentalnya pun akan sehat. Sehingga para karyawan bisa jujur dan berintegritas serta transparan dalam bekerja. Lim menerapkan hal demikian kepada karyawan sebaga etika bisnis perusahaan. 

Semoga kisah Lim Wee Chai, miliarder dari Malaysia bisa memberikan inspirasi bagi kita untuk meraih kesuksesan, baik dalam pekerjaan maupun dalam usaha. Prinsip yang dijalankan Lim adalah nilai-nilai universal, yang bisa dilakukan oleh kita di Indonesia maupun warga negara lain di dunia. (efs)

Referensi: 

Harian Kontan, 24 September 2019

Harian Kontan, 25 September 2019

Harian Kontan, 26 September 2019

ilustrasi: freefoto dotcom   


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh