Tertib


Post by Erwinfs(Erwinfs) | Posted on 30 Maret 2020 17:09:27 WIB | Artikel | 142 kali dibaca


Tertib. Mungkin itu kata yang pas untuk menyikapi penyebaran virus Corona saat ini. China melakukan tindakan agar warganya tertib ketika virus Corona sedang menyerang negara mereka. Kini virus Corona telah masuk ke Sumbar. Pada 26 Maret 2020 Pemprov Sumbar mengumumkan ada 5 orang yang positif terkena virus Corona. Reaksi masyarakat beragam, setidaknya itu yang tergambar di dunia maya dan media sosial. 

Semenjak adanya info orang yang positif Corona di Sumbar, ternyata berita atau informasi hoax juga banyak beredar di masyarakat, di antaranya melalui media sosial seperti aplikasi whats app. Penyebarannya sangat cepat karena yang menerima pesan hoax tanpa memikirkan isi pesan langsung menyebarkan ke orang lain atau grup whats app lainnya. 

Sebagian orang berlomba ingin mendapatkan informasi terbaru tentang penanganan Corona di Sumbar. Sehingga hal ini dimanfaatkan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab menyebarkan berita atau informasi hoax yang tak bisa dipertanggungjawabkan. 

Ironisnya, info hoax ini justru menjadi sumber utama sebagian orang dalam menyikapi isu Corona di Sumbar. Padahal informasi yang didapat bukan informasi yang sudah final. Selain itu, potongan video yang disebarkan pihak tak bertanggung jawab juga menyebar cepat dan dianggap sumber informasi utama. 

Seharusnya, masyarakat melihat bahwa pemerintah telah menunjuk satu orang juru bicara yang selalu mengumumkan perkembangan penanganan virus Corona di Indonesia. Namun faktanya, sebagian orang ingin mendapatkan perkembangan terbaru di daerahnya. Maka beredarlah info hoax atau yang tak bisa dipertanggungjawabkan. 

Jika melihat tertib alur informasi, setelah pemerintah pusat memberikan info terkini maka baru pemerintah daerah bisa memberikan keterangannya. Hal ini sebagai bagian dari sinergi dan koordinasi yang baik antara pemerintah pusat dengan daerah. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan data yang benar dan bisa dipertanggungjawabkan. 

Di sisi lain, jika pemerintah pusat memberikan wewenang untuk mengumumkan perkembangan terkini kepada pemerintah daerah, maka barulah masyarakat bisa langsung menunggu info dari pemerintah daerah. 

Salah satu hal positif yang akan didapat oleh masyarakat dari berlaku tertib dalam mengakses informasi tentang penanganan Corona adalah ketenangan. Mereka tidak perlu panik dengan informasi hoax. Karena informasi hoax turut berperan memberikan kecemasan. 

Jadi, dalam menyikap penanganan virus Corona, bersikap tertib dalam mengakses informasi sangat penting bagi masyarakat agar mereka tenang. Tertib dalam kehidupan sehari-hari juga akan membantu masyarakat mencapai yang diinginkan tanpa menimbulkan kecemasan. 

Tertib berlalu lintas juga akan membantu masyarakat mendapatkan keamanan dan keselamatan di jalan. Tertib di tempat kerja, tertib membuang sampah, akan menghasilkan kebaikan yang meluas. Sebaliknya, tidak tertib akan menimbulkan kesusahan di masyarakat. (efs) 


Berita Terkait :

Belum Ada Berita Terkait

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh