Masker di Cekoslovakia


Post by Erwinfs(Erwinfs) | Posted on 31 Maret 2020 12:37:54 WIB | Artikel | 207 kali dibaca


Hari ini (31/3) saya membaca postingan akun facebook dokter Handrawan Nadesul. Seorang dokter umum yang sering menjadi narasumber gaya hidup sehat di berbagai tempat. Handrawan menyampaikan betapa pentingnya menggunakan masker ketika berada di luar rumah. 

Handrawan menyampaikan bahwa WHO awalnya menilai pemakaian masker hanya untuk pasien Covid-19, tenaga kesehatan, dan mereka yang flu dan batuk. Bagi yang sehat tidak dianjurkan memakai masker. 

Handrawan melanjutkan bahwa ternyata setelah sekian waktu pandemi berjalan, memakai masker bagi orang tertentu tidak cukup. Karena semakin banyak yang menjadi korban. Dan itu akibat mereka yang terkena Covid-19 kemungkinan tidak memakai masker. 

Maka, di Republik Ceko Handrawan menulis ada keharusan bagi seluruh masyarakat untuk memakai masker ketika keluar rumah. Baik sehat maupun sakit. Republic Ceko dianggap Handrawan berhasil menekan kasus Covid-19 dibanding negara-negara lain yang tidak mewajibkan mengenakan masker kepada seluruh warga negara yang keluar rumah.

Dengan memakai masker maka berarti, “aku melindungi kamu, dan kamu melindungi aku”. Handrawan menyatakan perlu bagi Indonesia mengadopsi kebijakan Republik Ceko ini. 

Namun jika melihat kondisi saat ini, masker sangat sulit didapatkan. Jika pun ada, harus membeli di market place atau online. Tapi beli di market place pun harus hati-hati, karena banyak penipuan yang sudah terjadi. 

Maka solusinya adalah membuat sendiri masker. Atau membeli masker yang bukan standar kesehatan, namun disiasati bahannya. Atau bisa juga membeli secara online masker yang dibuat atau dijahit.

Semoga apa yang disampaikan Handrawan Nadesul bisa menjadi inspirasi bagi kita untuk berupaya semaksimal mungkin menghadapi pandemi Covid-19. Handrawan juga menyebutkan bahwa Republik Ceko menyerukan tinggal di rumah dan mencuci tangan. Yang artinya, secara umum apa yang diserukan atau diwajibkan oleh Republik Ceko sudah sama dengan negara lain dan mengikuti WHO namun ditambah dengan kewajiban menggunakan masker ketika keluar rumah.  (efs)


Berita Terkait :

Belum Ada Berita Terkait

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh