Musyawarah Perencanan Pembangunan Kehutanan Provinsi Sumatera Barat Tahun Anggaran 2015


Post by Dinas Kehutanan(FEBY ANROW, S.Hut) | Posted on 26 Maret 2014 04:37:48 WIB | Kehutanan | 1186 kali dibaca


Ini merupakan langkah awal untuk mereposisi kembali Rencana Pembangunan Kehutanan di Provinsi Sumatera Barat secara menyeluruh, terpadu dan terintegrasi.

Diforum Musrenbanghutprov ini dilakukan penyusunan Rencana Kerja tahun 2015 yang merupakan hasil konvergensi antara Rencana Kerja Kab/ Kota, Provinsi dan Kementerian Kehutanan dengan memperhatikan isu-isu strategis seperti konflik tenurial, masih tingginya penduduk miskin di dalam dan di luar kawasan hutan, tingginya kebutuhan lahan, tingginya degradasi dan deforestrasi, HHBK unggulan dan KPH Model.

Menyikapi kondisi di atas Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat telah melakukan pengumpulan data dan informasi mengenai program dan kegiatan pembangunan kehutanan ke Kab/Kota di Sumatera Barat untuk dapat disinergikan dengan rencana pembangunan kehutanan Provinsi dan Kementerian Kehutanan di tahun 2015. Renja Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat tahun 2015 merupakan jabaran tahun kelima atau tahun terakhir dari Renstra Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat 2011-2015.

Dalam sambutannya sewaktu membuka acara Musrenbanghutprov ini Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat menyampaikan bahwa selain pemantapan kawasan hutan yang menjadi isu penting, lainnya adalah bagaimana institusi daerah di bidang kehutanan mampu mengambil peran utama dalam penyelamatan lingkungan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang dimiliki. Bagaimana melibatkan masyarakat di sekitar kawasan hutan untuk berperan aktif dalam menjaga kawasan hutan dengan memberikan kesempatan kepada mereka melalui upaya-upaya pemberdayaan masyarakat nagari serta pemberian kesempatan dalam pengelolaan hutan (HTR, HKm, Hutan Desa) termasuk keterlibatan masyarakat nagari dalam pengembangan dan pemanfaatan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) dan Tumbuhan dan Satwa Liar (TSL) sehingga akan hilang pameo dari masyarakat bahwa kita dari institusi kehutanan ini yang membatasi mereka untuk dapat mencari kehidupan di hutan.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Kehutanan Regional I Sumatera, Bappeda Provinsi Sumatera Barat, UPT Kementerian Sumatera Barat dan Dinas yang membidangi kehutanan di Kab/ Kota. Dalam acara ini dirumuskan bahwa fokus pembangunan kehutanan tahun 2015 diarahkan kepada: Pemantapan Kawasan Hutan, Peningkatan Koordinasi dan Sinkronisasi Perencanaan Pembangunan Kehutanan, Peningkatan upaya Pengamanan dan Perlindungan Hutan, Peningkatan Perekonomian Masyarakat Sekitar Hutan, Rehabilitasi Hutan dan Lahan, Peningkatan Hasil Hutan dan Pengendalian Penatausahan Hasil Hutan, Peningkatan Ketersediaan Data Spasial dan Numerik Kehutanan, Pengembangan Jasa Lingkungan.

Acara ditutup oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat pada pukul 17.00 WIB.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh