Bimbingan Teknis Family Care Unit


Post by Dinas Sosial(ARNES BASRI, S.Kom) | Posted on 07 Mei 2014 01:12:26 WIB | Aplikasi Program Sosial | 2355 kali dibaca


Bimbingan Teknis Family Care Unit Provinsi Sumatera Barat Tahun 2014

Padang. Acara ini diadakan di Hotel Pangeran Beach pada tanggal 15 April 2014 yang dihadiri oleh Komponen Tim Pelaksana Kesejahteraan Sosial yaitu PSKS dan lembaga pemberdayaan keluarga. Acara ini dilaksanakan sehari penuh.

Dalam acara ini diketahui bahwa pemberdayaan keluarga melalui Family Care Unit yang mengedepankan peran keluarga potensial (keluarga pioner) sebagai energi dan modal sosial untuk mentransfer kemauan, kemampuan, strategi dan nilai sosial terhadap keluarga lainnya yang belum berdaya (keluarga plasma).

Bimbingan Teknis Family Care Unit bertujuan untuk memberikan peningkatan pengetahuan, keterampilan bagi pelaksanaan / pengelola pemberdayaan keluarga melalui Family Care Unit, sehingga pelaksanaannya berjalan dengan baik dan efektif. Hal ini penting kita lakukan agar tenaga pelaksana nantinya lebih memahami tugas pokok, fungsi dan peranan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan keluarga plasma khususnya.

Pada tahun 2013 pertama kali dilaksanakan ujicoba model pemberdayaan sosial keluarga melalui Family Care Unit. Di Provinsi Sumatera Barat sebagai lokasi ujicoba telah terbentuk 1 ( satu ) lembaga Family Care Unit yaitu di Kelurahan Sawah Padang Kecamatan Payakumbuh Selatan Kota Payakumbuh. Lembaga FCU ini telah melaksanakan tugas dan fungsinya melaksanakan pemberdayaan keluarga plasma melalui keluarga pionir.

Sebagaimana diketahui bahwa Family Care Unit ( FCU ) adalah aliansi dari berbagai lembaga pelayanan sosial keluarga di tingkat desa/kelurahan seperti IPSM, KT, WKSBM, PKBM, Posyandu, KUBE, Posdaya, Pusdaka/Home care, LPP/LPK, PIK-Keluarga, P2WKSS, UPPKS, PAUD, LPM, PNPM, Kelompok keagamaan, Arisan, Paguyuban atau pegiat sosial yang berkaitan dengan pemberdayaan keluarga.

Pelaksanaan pemberdayaan keluarga melalui FCU merupakan tugas yang dilaksanakan secara terintegrasi antara lembaga yang melakukan pelayanan kepada keluarga yang membutuhkan pelayanan sosial. Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga ( LK3 ) sebagai Center Link dari pelaksanaan ujicoba model penyelenggaraan kesejahteraan sosial terpadu dalam rangka pemberdayaan keluarga family care unit, hendaknya dapat melakukan tindakan terhadap rujukan dari lembaga FCU. Untuk itu diharapkan kepada Saudara sebagai Pelaksana FCU dapat memberikan pelayanan secara profesional kepada masyarakat.

Makanya pada tahun 2014 Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat melaksanakan Bimbingan Teknis Family Care Unit. Melalui Bimbingan Teknis ini diharapkan pengelola FCU dapat menyamakan persepsi, peningkatan kinerja, dan terbangunnya hubungan koordinasi yang berkesinambungan.



Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh