Pelatihan Pemantapan Kemampuan Shelter Korban Bencana Alam


Post by Dinas Sosial(ARNES BASRI, S.Kom) | Posted on 12 Juni 2014 13:34:35 WIB | Aplikasi Program Sosial | 3324 kali dibaca


Pelatihan Pemantapan Kemampuan Shelter Korban Bencana Alam Tahun 2014

Padang. Salah satu kegiatan perlindungan sosial korban bencana alam adalah mempersiapkan petugas di bidang shelter (pengungsian) sesuai tugas dan fungsi kementerian sosial untuk melakukan penyelamatan, memberikan rasa aman dan pelayanan selama dipengungsian bagi korban bencana alam dilokasi bencana, dalam rangka pelaksanaan program/kegiatan pemantapan petugas shelter korban bencana

alam melalui dana Dekonsentrasi tahun 2014, maka perlu diupayakan optimalisasi untuk mengkonkritkan hasil kerja yang dapat diukur dengan indikator yang jelas melalui penajaman  prioritas  sasaran,  personil, kemampuan , keterampilan dan kegiatan sehingga pemantapan kegiatn petugas shelter bagi korban bencana alam dapat menjadi bagian integral dan strategis dari pembangunan sosial.

Acara ini diadakan dari tanggal 13 s.d 16 Mei 2014 yang diikuti oleh Kab/Kota se-Sumatera Barat. Acara ini diada,kan di Insdtitute Nasional Syafei (INS) Institute Telenta Indonesia Kab/Padang Pariaman. Terkait dengan hal itu, Dinas Sosial berusaha sekuat tenaga membantu mereka yang sedang tertimpa musibah dengan harapan bisa memulihkan kondisi yang menimpa mereka dalam menanggulangi kondisi darurat di daerah bencana.

Ironisnya masyarakat, legislatif dan eksekutif masih banyak yang menganggap bahwa hal tersebut adalah suatu hal yang biasa saja, bahkan ketika kita melakukan berbagai penyempurnaan melalui pelatihan-pelatihan masih dianggap kegiatna tersebut tidak berguna dan pemborosan anggaran.

Menurut para pengamat kebencanaan , frekuensi kejadian bencana di Sumatera Barat cukup tinggi, maka dari itu wajar jika ada kritik terhadap usaha-usaha penanggulangan bencana belum mapan, seperti lambat, salah sasaran dan lainnya. Untuk mengatasi kesulitan itu, Kementerian Sosial melalui Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat tidak jemu bekerja keras mencari solusi atau cara-cara penanggulangan bencana dengan meningkatkan frekuensi pelatihan-pelatihan untuk menciptakan tenaga yang terampil dalam penanggulangan bencana.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh