547 PELAJAR SMA SUMBAR IKUTI SELEKSI OSN


Post by Dinas Pendidikan(PON SISWA, S.Sos) | Posted on 13 Maret 2015 21:58:28 WIB | Pendidikan | 2222 kali dibaca


Padang, 13 Maret 2015

          Sebanyak 547 pelajar Sekolah Menengah Atas ( SMA ) mengikuti seleksi Olimpiade Saint Nasional ( OSN ) tingkat Provinsi Sumatera Barat yang dilaksanakan 17 s.d. 19 Maret 2015 bertempat di Rocky Plaza Hotel jalan Permiondo Padang.

          Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat Drs. Syamsulrizal, MM dalam sambutannya pada pembukaan seleksi OSN SMA Senin malam ( 16-3 ) mengatakan, sebanyak 240 SMA dengan jumlah siswa 240 ribu lebih, 547 siswa terbaik dalam bidang saint selama tiga hari dengan tiga angkatan diundang untuk mengikuti seleksi yang dilaksanakan oleh Direktorat Pembinaan SMA Kemendikbud RI.

          Syamsurizal menjelaskan, Kemendikbud tiap tahun menyelenggarakan lomba olimpiade saint mulai tingkat Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi dan lomba saint banyak macamnya, termasuk lomba membuat film pendidikan, materi-materi pembelajaran, kreatifitas anak sekolah seperti Lomba Penelitian Ilmu Remaja ( LPIR ) dan sebagainya. Semua lomba-lomba itu oleh sebahagian sekolah tidak mengetahui informasinya, sehingga sekolah tersebut tidak mengikuti kegiatan ini.

          Naskah soal serta seleksi dilakukan oleh Direktorat Pembinaan SMA Kemendikbud, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat sebagai penyelenggara, bagi yang lulus/passinggrate terpenuhi bisa mengikutinya dan bersaing dengan bintang saint dari pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi serta Papua pada OSN di Jogyakarta 18 s.d. 24 Mei 2014 mendatang, ungkap Syamsulrizal.

          Sementara itu Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat Drs. Nasmeri, M.Pd selaku ketua penyelenggara mengatakan, untuk mewujudkan SDM yang berkualitas, selain ketangguhan akhlak juga diperlukan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tinggi, karena penguasaan Iptek ini sangat diperlukan terutama bagi generasi muda termasuk siswa/siswi SMA sebagai bekal menghadapai persaingan global yang semakin ketat.

          Seleksi OSN SMA tingkat Sumatera Barat ini melombakan 9 bidang keilmuan yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian dan Geografi diikuti sebanyak 547 pelajar SMA yang meraih nilai terbaik /termasuk dalam passing grate dari seleksi Kab/Kota yang diselenggarakan bulan Februari 2015 lalu.

(By;pon Siswa Disdikbud Sumbar)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh