Gubernur Pimpin Upacara HUT Satpol PP ke-66 dan Satuan Perlindungan Masyarakat ke-54


Post by Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat(Bagian Pemberitaan Biro Humas) | Posted on 26 April 2016 17:42:50 WIB | Berita Terkini | 1804 kali dibaca


Gubernur Pimpin Upacara HUT Satpol PP ke-66 dan Satuan Perlindungan Masyarakat ke-54

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menjadi Inspektur Upacara dalam rangka Peringatan HUT Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-66 dan Satuan Perlindungan Masyarakat ke-54 tahun 2016 dengan tema "Dengan semangat HUT Satuan Polisi Pamong Praja ke-66 dan HUT Satuan Perlindungan Masyarakat ke-54, kita wujudkan Polisi Praja dan Linmas yang Humanis, Berdedikasi, Disiplin dan Tegas". Upacara ini dilaksanakan di Lapangan Pacuan Kuda Kubu Gadang Kota Payakumbuh dan seluruh rangkaian kegiatan dari perayaan HUT Satpol PP ini juga dipusatkan di kota Payakumbuh, Selasa (26/04/2016).

Upacara ini dihadiri oleh seluruh Bupati/Walikota serta seluruh Kasat Pol PP se-Sumatera Barat. Dari dalam barisan, peserta upacara terdiri dari barisan pasukan Satpol PP masing-masing kabupaten/kota se-Sumatera Barat, pasukan TNI, POLRI,dan LINMAS.

Sambutan Menteri Dalam Negeri yang disampaikan oleh Gubernur Sumatera barat dalam amanatnya mengatakan, "Peran Satuan Polisi Pamong Praja semakin strategis dengan dimasukkannya urusan ketenteraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat dalam urusan pemerintahan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar dalam Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Hal tersebut membawa konsekwensi tersendiri bagi organisasi Satpol PP."

"Pada kesempatan kali ini saya menghimbau kepada kepala daerah agar menempatkan aparatur di Satpol PP dengan mempertimbangkan secara matang kompetensi dan latar belakang keilmuan yang dimiliki. Perlu saya tekankan bahwa Satpol PP rentan dengan gesekan kepentingan dan konflik karena kinerjanya yang harus berhubungan langsung dengan masyarakat dan tidak akan mungkin wibawa pemerintahan akan tetap terbangun apabila aparatur penegak regulasinya tidak berkompeten," tegas Mendagri.

Beliau juga menyebutkan bahwa Senyum, Sapa dan Salam/3S diperlukan untuk menunjukkan bahwa Satpol PP adalah pribadi yang ramah, yang mampu memberikan pelayanan melalui konsep 3S tersebut.

Kementerian dalam Negeri mulai dari tahun 2015 telah berupaya memberikan dukungan melalui pemberian dana alokasi khusus bagi Satuan Polisi Pamong Praja untuk digunakan dalam pembangunan gedung kantor dan pembelian sarana mobilitas serta prasarana lainnya. Pada tahun ini, Kemendagri telah mengalokasikan anggaran melalui dana alokasi khusus dengan total Rp. 66.597.530.000 (enam puluh enam milyar lima ratus sembilan puluh tujuh juta lima ratus tiga puluh ribu rupiah) untuk 54 daerah yang terdiri dari 5 provinsi, 38 kabupaten, dan 11 kota.

Selain itu pada upacara kali ini juga dilaksanakan pemberian penghargaan kepada anggota Satpol PP berprestasi dari setiap kabupaten/kota sebagai barikut :

  1. Provinsi Sumatera Barat: Adek Ariko.
  2. Kab. Pesisir Selatan: Indra
  3. Kab. Solok:Erik Aifel Putra
  4. Kab. Tanah Datar: Refnaldi
  5. Kab. Agam: Yulizon
  6. Kab. Limapuluh Kota: Andri
  7. Kab. Padang Pariaman: Roswaldi
  8. Kab. Sijunjung: Sahrial
  9. Kab. Pasaman: M.Mahatma Zain, SH
  10.  Kab. Mentawai: Herianto
  11.  Kab. Dharmasraya: Melfika Fatriani, Amd
  12.  Kab. Solok Selatan: Hendrianto
  13.  Kab. Pasaman Barat: Joko Triono
  14.  Kota Padang: Yusri Yanto
  15.  Kota Solok: Dedi Deka Putra, SH
  16.  Kota Bukittinggi: Sony Saputra
  17.  Kota Sawahlunto: Afriadi
  18.  Kota Payakumbuh: Fadhli Kurniawan
  19.  Kota Padang Panjang: Iwan Suwandi
  20.  Kota Pariaman: Romi Rianto

Selain itu juga turut memeriahkan HUT Satpol PP dan HUT Linmas kali ini penampilan drumband “Gita Abdi Praja” dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri Kampus Baso dan Marching band dari Satpol PP Kabupaten Pasaman Barat.

 


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh