Pertika Bumi Nasional Kelima Siap Digelar


Post by Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan(RASMUNALDI, ST) | Posted on 23 Juni 2013 00:19:12 WIB | Berita Terkini | 1057 kali dibaca


PRAMUKA1Perkemahan Bakti Saka Taruna Bumi Tingkat Nasional V yang akan dibuka Menteri Pertanian Dr. Ir. Suswono, Selasa, 25 Juni   di SMK PP Lubuk Minturun siap dilaksanakan. Cheking lokasi dan kesiapan   kepanitiaan terakhir langsung dilakukan oleh Wakil Gubernur Sumbar yang juga Ketua Kwartir Pramuka Daerah Sumbar, Drs Muslim Kasim.

Saya melihat persiapan pelaksanaan Pertikabumi Nasional Kelima sudah mencapai 98 persen, tinggal 2 persen lagi yang belum. Itupun yang kecil-kecil,” ucap Muslim Kasim kepada wartawan seusai meninjau lokasi pelaksanaan di SMK PP Lubuk Minturun baru-baru ini.

Dalam peninjauan lokasi itu, Wakil Gubernur didampingi Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Sumbar Ir. Djoni, Ketua Panitia Ir. Yessi Faiza, MS, serta anggota Sangga Kerja Pertikabumi. Dilokasi   Muslim Kasim memeriksa berbagai fasilitas yang dibutuhkan oleh peserta selama pelaksanaan iven pramuka tingkat Nasional ini.

Menurut Muslim Kasim,   pelaksanaan Pertikabumi tingkat Nasional ini harus didukung penuh semua pihak. Ia menyebutkan iven tersebut sangat   mendukung   upaya pembangunan   kharakter bangsa, terutama dalam membangun jiwa disiplin,   jujur dan bekerja keras generasi muda.

Sedangkan untuk gerakan pramuka di Sumatera Barat, ia mengatakan akan memperbanyak iven-iven pramuka di Sumatera Barat. Gerakan pramuka di Sumbar katanya, akan berorientasi melihat kedalam dengan kegiatan-kegiatan yang ada. Kita akan mengembangkan gerakan pramuka yang inward looking,”ucapnya.

Sementara Gubenur Sumbar, Prof. Dr. Irwan Prayitno mengatakan, pelaksanaan Pertikabumi Tingkat Nasional Kelima ini   memberikan dampak yang positif terhadap Sumatera Barat, baik dalam menggerakan ekonomi, pembangunan generasi muda,   maupun terhadap pembangunan pertanian sendiri.

Di sisi ekonomi, katanya, dengan datangnya   peserta dari seluruh Indonesia jelas akan menggerakan ekonomi, khususnya Kota Padang. Para peserta dipastikan akan berbelanja di Sumbar. Ajang ini juga menjadi tempat bagi UKM di Sumbar untuk memasarkan produk-produk yang dihasilkannya. Sedangkan disisi pembangunan kharakter generasi muda, akan terbangun kharakter yang positif seperti sikap disiplin, jujur dan bertanggun jawab.

Khusus terhadap pembangunan pertanian, ajang tersebut tersebut merupakan sarana bagi para peserta untuk bertukar ilmu. Adanya bakti-bakti ke masyarakat, khususnya petani.   membuat kegiatan tersebut juga memberikan dampak terhadap sosialisasi teknologi pertanian terhadap petani   tempat bakti dilaksanakan.

Diiikuti Lebih Kurang 2000 Orang Peserta.

Menurut Ketua Panitia Ir. Yessi Faiza MS, Pertikabumi Tingkat Nasional V Tahun 2013 ini yang akan dilaksanakan dari tanggal 24 Juni -30 Juni di SMK PP Lubuk Minturun tidak kurang akan diikuti 2.000 orang peserta yang berasal dari seluruh Indonesia. Peserta terdiri dari pramuka penegak dan pandega   yang berasal dari siswa SMK PP Se Indonesia sebanyak 805 orang, unsur pimpinan Kwarda se-Indonesia,   Pendamping dan Peninjau .

Kegiatan yang digelar nanti berupa   bakti kepada masyarakat seperti Bakti Krida Tanaman Pangan, Bakti Krida Hortikultura, Bakti Krida Perkebunan , Bakti Krida Peternakan, dan Bakti Krida Perikanan. Selain itu ada kegiatn giat wawasan dan keterampilan berupa Temu Bina Generasi Muda, Temu Usaha, dan Gelar Teknologi.

Kegiatn lain yang juga diadakan adalah kegiatan Seni dan Budaya yang menampilkan gelar Seni Budaya Nusantar dan Festival Kuliner Nusantara. Tidak lupa selama Pertikabumi ini adalah kegiatan prestasi seperti cerdas cermat, lomba krida saka tarunabumi serta kegiatan wisata .


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh