Nagari Limo Kaum Masuk Sepuh Besar Tingkat Nasional


Post by Badan Pemberdayaan Masyarakat(Badan Pemberdayaan Masyarakat) | Posted on 04 Juli 2013 06:50:16 WIB | Berita Terkini | 1246 kali dibaca


 Kenagarian Limo Kaum Kec.Limo Kaum Kab.Tanah Datar akhirnya masuk Sepuluh Besar Perlombaan Desa/Kelurahan Tingkat Nasional Tahun 2013.

Kepastian Limo Kaum masuk sepuluh Besar diungkapkan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Prov.Sumbar Dr.Drs.Suhermanto Raza,SH.MM usai menerima Tim Klarifikasi Penilaian Desa/Kelurahan Berprestasi Tingkat Nasional di Ruang Rapat BPM Sumbar. Alhamdulillah Duta kita sukses masuk sepuh besar. Makanya Tim Pusat dating ke Sumbar dan akan berkunjung ke Nagari Limo Kaum untuk melakukan Klarifikasi/kroscek sekaligus Penilaian selama tiga hari dari tanggal 3 s/d 5 Juli 2013. Tim Klarifikasi Penilaian Desa/Kelurahan Berprestasi Tingkat Nasional, sebelum meluncur ke Nagari Limo Kaum, Tim mengadakan Diskusi/Pertemuan di Ruangan Rapat BPM, untuk mempertajam bobot Penilaian terutama terkait dengan Kebijakan Pemprov. Sumbar.

Dalam Diskusi yang dihadiri oleh Tim Penilai Lomba Desa/Kelurahan Berprestasi tingkat Prov.Sumbar. Tim Pusat memberikan Apresiasi atas keberhasilan Duta Sumbar masuk sepuluh besar mengalahkan Duta dari Provinsi lain. Penilaian itu baru sebatas kelengkapan administrasi dan Profil Nagari/Desa/Kelurahan yang kami terima Ternyata mantap hingga masuk sepuluh besar, kami hadir disina untuk mengkroscek kondisi Rill dilapangan, termasuk tanggapan masyarakat Limo Kaum sendiri kata Ketua Tim Penilai Pusat Elvin Ilyas (Ditjen PMD Kemendagri) di hadapan Tim Penilai Provinsi dan jajaran BPM Sumbar berdasarkan pengalaman yang sudah, ada kelengkapanadministrasi bagus, tapi setelah dikrescek dilapangan ternyata lebih bagus lagi atau malah sebaliknya. Namun kita berharap Limo Kaum lebih bagus kondisi rillnya.

Elfin juga salut dengan kebijakan Pemprov.Sumbar yang melibatkan unsure TNI/Polri dalam Tim Penilaian sehingga menambah bobot penilaian Lomba Desa/Kelurahan sangat menentukan jalannya pembangunan dan kehidupan bermasyarakat yang aman, damai, dan Tentram. Anggota Tim Penilaian Pusat Rooy JonhSalomany (Ditjen PMDKemendagri) juga memperdalam soal dana yang dialokasikan untuk Pemerintahan Nagari/Desa di Sumbar Ini dijawab oleh Kepala BPM Sumbar Suhermanto Raza.SH.MM. pendanaan untuk Nagari berasal dari APBD Kabupaten dan PAD yang menjadi kreatif di masing-masing Nagari. Tetapi Pemprov.Sumbar juga berandil membantu Pemerintahan Nagari, dalam APBD Sumbar, dialokasikan pula Insentif Walinagari, Sekretaris Nagari hingga berbagai Pelatihan untuk perangkat Pemerintahan Nagari, dalam rangka meninnkatkan kapasitas mereka. Gubernur dan DPRD komit soal ini, sehingga anggaran disediakan

Begitupula keterlibatan PKK lebih diaktifkan, bahkan diten kerjasama dengan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat- Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) khususnya terkaitkegiatan Simpan Pinjam (SPP) Perempuan dan usaha ekonomi produktif. Selain Elfin dan Rooy, Tim Pusat yang mengunjungi Nagari Limo Kaum adalah Sri Wahyuni (Ditjen PMD) Adi Dharmawan (Kemenkes) Sri Hartono dan Mukmin Prayoga (Ditjen PMD Kemendagri), mereka didampingi oleh Kepala BPM Sumbar Dr.Suhermanto Raza,SH.MM dan Kabid KPM Erman Rahman,SE.MSi. menuju Limo Kaum.    


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh