Perlunya Audiensi Dalam Upaya Pencegahan Terorisme di Sumbar


Post by Satuan Polisi Pamong Praja(AFIF AFDISYA) | Posted on 19 Januari 2017 00:29:45 WIB | Berita Terkini | 922 kali dibaca


Perlunya Audiensi Dalam Upaya Pencegahan Terorisme di Sumbar

Forum Komunikasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sumatera Barat akan melakukan audiensi bersama instansi vertikal maupun harizontal, organisasi kemasyarakatan, dan masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan. Pencegahan paham radikal dan terorisme merupakan tanggungjawab semua pihak, termasuk masyarakat umum. Karena sifat dari kedua paham itu termasuk dalam kategori kejahatan luar biasa (ekstra ordinary crime).

Menurut Sekretaris FKPT Sumatera Barat (Zul Aliman, SE, MM), terkait pasca tertangkapnya Jhon Tanamal alias Hamzah Pria (39 tahun) di Desa  Balai Nan Duo, Payakumbuh, Sumatera Barat (21/12/2016), yang diduga anggota kelompok jaringan teroris Solo, FKPT Sumbar akan dilakukan audiensi dengan  Kepolisian, TNI dan Pemerintah Sumbar dalam rangka pencegahan paham radikal dan terorisme di Sumatera Barat.

Dengan dilakukannya audiensi ini bertujuan untuk menyamakan visi dan misi FKPT Sumatera Barat yaitu visi “Terwujudnya Provinsi Sumatera Barat bebas dari Terorisme 2020” dan misi ; 1. Mewujudkan Sumatera Barat yang bebas dari terorisme dengan pendekatan agama, pendidikan dan kearifan lokal. 2. Internalisasi nilai kearifan lokal berdasarkan pancasila dan UUD 1945 bagi terwujudnya impian Sumatera Barat  Bebas dari Terorisme. sekaligus mengharapkan masukan, arahan dan kebijakan program kegiatan tahun 2017 dalam Pencegahan paham radikal dan terorisme di Sumatera Barat.

Oleh karena itu, FKPT Sumatera Barat meng­harapkan melalui kegiatan audinsi ini dapat melakukan deradikalisme dengan memberikan informasi yang seluas-luasnya dalam rangka men­cegah terjadinya radikalisme dan terorisme itu di masyarakat.

“Meskipun selama ini Sumbar masih dikategorikan aman dari paham radikalisme dan terorisme, namun hal itu jangan membuat kita lengah, tapi justru harus membuat kita lebih waspada, mengingat luasnya Sumatera Barat yang bisa menjadi tempat pelarian para teroris,” ujarnya Zul Aliman.

Selain sebagai Sekretaris FKPT Sumatera Barat, Zul Aliman juga sebagai Kepala Satpol PP dan Damkar Sumatera Barat akan meningkatkan peran anggota Satpol PP Provinsi dan Kabupaten/Kota, untuk mencegah masuk dan berkembangnya aksi terorisme serta paham radikal di daerah itu dengan memperketat pengamanan teritorial di daerah2 perbatasan dengan tujuan mempersempit ruang gerak menyebarnya paham radikalime dan terorisme di Sumbar.

 

(by Novear)

 


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh