364 BPP SMA-SMK DAN SLB IKUTI BIMBINGAN TEKNIS


Post by Dinas Pendidikan(PON SISWA, S.Sos) | Posted on 01 Maret 2017 15:44:40 WIB | Pendidikan | 575 kali dibaca


Padang,   1 Maret 2017

         Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan ( PPTK ) dan Bendahara Pengeluaran Pembantu  ( BPP ) merupakan ujung tombak utama penatausahaan keuangan yang tertib untuk mewujudkan good governance pada Organisasi Perangkat Daerah ( OPD ).

     Untuk mewujudkan penatausahaan keuangan ini Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengelola Penatausahaan Keuangan dan Barang Milik Daerah bagi 364 Bendahara Pembantu Pengeluaran ( BPP ) SMA, SMK dan SLB Negeri.

     Bintek ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat  Drs. Burhasman, MM, Senin sore ( 27-2) bertempat di Kyriad Bumi Minang Hotel jalan Bundo Kandung Padang.

    Dalam pengarahannya Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Drs. Burhasman, MM mengatakan, para peserta bimbingan teknis pengelola penatausahaan keuangan dan barang milik daerah diharapkan dapat mengelola keuangan secara efektif, efisien berdasarkan prinsip-prinsip transparansi dan akuntabel, sehingga didalam mempertanggungjawabkan pengelolaan keuangan daerah nanti tidak ada temuan-temuan oleh Aparatur Pengawas Internal Pemerintah.

     Pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan yang baik, ungkap Burhasman merupakan faktor kunci keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah, dimana sesuai dengan ketentuan, peran dan tugas seorang bendahara sangat strategis dengan beban yang besar, sehingga dituntut bekerja secara profesional, hati-hati serta teliti.

     Sementara itu ketua penyelenggara Sandra Eka Riani, SE dalam laporannya mengatakan, kegiatan Bimbingan Teknis ini dilaksanakan sebanyak empat angkatan mulai 27 Februari s.d. 10 Maret 2017 bertempat di Kyriat Bumiminang Hotel jalan Bundo Kandung Padang dan diikuti 364 Bendahara Pengeluaran Pembantu SMA, SMK dan SLB Negeri se Sumatera Barat.

     Adapun materi yang disajikan serta narasumber adalah Isu Strategi Kebijakan Pengelola Keuangan Daerah dan OPD disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, Pembendaharaan oleh Kepala Badan Keuangan Daerah, Perpajakan oleh KPP Pratama Padang, Pemeriksaan Internal dan Eksternal atas Pertanggungjawaban oleh Inspektorat Provinsi. Kemudian Pengelolaan Keuangan sekolah pada OPD Dinas Pendidikan yang disampaikan oleh Sekretaris/PPK OPD, Pengelolaan Barang Milik Daerah ( BMD ) di sekolah oleh Pengelola Aset OPD, Simulasi Pengelolaan Keuangan Sekolah serta Evaluasi Pendalaman Maateri dan Simulasi Pengelolaan Keuangan Sekolah yang disajikan oleh pejabat pengelola, tim keuangan tim keuangan OPD Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat.

     Tujuan kegiatan ini , jelas Sandra Eka Riani untuk meningkatkan kompetensi pelayanan administrasi keuangan dan pemahaman pengelolaan penatausahaan serta barang milik daerah bagi BPP SMA, SMK dan SLB se Sumbar untuk mewujudkan Good Governence. ( By; Pon Siswa, Sos/Disdik Sumbar )


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh