PEMPROV SUMBAR MENGADAKAN ACARA DISEMINASI INFORMASI DENGAN TEMA “MASYARAKAT SUMATERA BARAT ANTI HOAX”


Post by Diskominfo(Tim Egov) | Posted on 05 April 2017 16:18:32 WIB | Berita Terkini | 1024 kali dibaca


Padang, 5 April 2017, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat Melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik mengadakan acara DISEMINASI INFORMASI DENGAN TEMA “MASYARAKAT SUMATERA BARAT ANTI HOAX”. Acara ini diselenggarakan di Aula Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat yang beralamat di Jalan Kapuas No. 03, Kampung Jao, Padang Barat dan mengundang perwakilan siswa SMP, SMA/SMK, Mahasiswa, Organisasi dan beberapa tamu undangan lainnya.

Acara Tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Barat Bpk. Ir. YEFLIN LUANDRI, M.Si, dalam sambutannya kepala Dinas Kominfo Sumbar menyatakan bahwa acara ini merupakan lanjutan dari acara 293 (Acara Deklarasi Masyarakat Sumbar Anti Hoax Pada Tanggal 29 Maret 2017 di Auditorium Gubernuran) dan beliau juga berharap di Dinas Kominfo Kabupaten Kota Juga melaksanakan acara yang sama agar penyebaran Hoax bisa di tekan dan dihentikan.

Acara ini mendatangkan narasumber dari Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII) Bpk. Dr. Yuhefrizar, S.Kom, M. Kom yang membahas mengenai Internet Cerdas dan kita harus “CAKAP” dalam menggunakan internet. CAKAP disini mempunyai arti CerdAs, KreAtif, dan Produktif dalam menggunakan internet. Sedangkan Pembicara kedua berasal dari Institusi Kepolisian yaitu Kasubdit II Bidang Tindak Pidana Perbankan, pencucian uang, dan Cyber di derektorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumbar Bpk. AKBP Jefry Indrajaya, SH. Dalam paparannya Bapak Jefry membahas mengenai Cyber Crime, bentuk-bentuk Cyber Crime dan UUD ITE mengenai Hoax.

Setelah ishoma acara dilanjutkan dengan pemateri dari Badan Pepustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat dalam hal ini disampaikan oleh Ir. Sunyati, M.Si sebagai Kepala Seksi Kerjasama Didinas Perpustakaan dan Kearsipan. Dalam Paparananya ibu Ir. Sunyati, M.Si menjelaskan mengenai Transformasi perpustakaan dalam diseminasi Informasi yang tujuannya agar mayarakat kembali meningkatkan budaya membaca, jeli dalam membaca berita, dan teliti dalam menerima informasi. Dan pemateri ke empat dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bapak Eko Yanche Edrie sebagai Pemimpin Redaksi Harian Metro Andalas yang menjelaskan tentang Hoax dimedia dan cara menyikapi Hoax. kesimpulan yang dapat diambil dari acara ini adalah untuk meredam hoax harus kita mulai dai diri kita sendiri, Gunakan Internet dengan Cerdas dan Cakap serta Hidupkan kembali budaya membaca untuk literasi.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh