DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROVINSI SUMATERA BARAT MELAKSANAKAN PELATIHAN PERBENGKELAN


Post by Dinas Perindustrian dan Perdagangan(BUDI SETIAWAN, ST, M.Si) | Posted on 25 April 2017 12:04:27 WIB | Berita Terkini | 2069 kali dibaca


DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROVINSI SUMATERA BARAT MELAKSANAKAN PELATIHAN PERBENGKELAN

Jumlah kendaraan bermotor roda dua semakin bertambah jumlahnya. Menurut data dari AISI (Asosisasi Industri Sepeda Motor Indonesia), hingga Desember 2016 jumlah penjualan sepeda motor mencapai 104,2 juta unit dan mengalami pertumbuhan sekitar 8,2% setiap tahunnya. Dari data tersebut bengkel hanya bisa melayani sekitar 60% persen layanan purna jual kendaraan.

Berdasarkan hal tersebut di atas diperlukan peningkatan keahlian dan keterampilan perbengkelan seiring dengan perkembangan teknologi mesin kendaraan bermotor roda dua bagi para pengusaha ataupun yang saat ini masih menjadi pegawai bengkel motor yang kelak diharapkan juga dapat mempunyai usaha bengkel motor sendiri dan menjadi generasi muda yang mandiri. Untuk itu, Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat melakukan pelatihan terhadap pemilik atau karyawan-karyawan bengkel dalam rangka penumbuhan dan pengembangan IKM-IKM bengkel kendaraan roda dua.

Pelatihan ini dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 18 s/d 22 April 2017. Acara dilaksanakan di UPTD Perekayasaan Mesin dan Logam Dinas Perindustrian Provinsi Sumatera Barat dan Balai Latihan Kerja Industri Padang. Dalam hal ini Balai latihan kerja industri Padang sebagai Pihak yang diikutsertakan karena memiliki sumber daya manusia dan alat-alat praktek.

Pada kesempatan ini Pelatihan dibuka oleh Kepala Dinas Perindustrian dan perdagangan Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Sekretaris. Beliau menyampaikan bahwa salah satu target Pemerintah Pusat sampai dengan 2019 adalah menciptakan 20.000 wirausaha baru. Salah satu strateginya adalah dengan pelatihan berbengkelan ini.

Peserta  sebanyak 25 orang yang disaring dari IKM-IKM bengkel. Syarat dari antara lain sudah berusaha / bekerja sebagai teknisi bengkel min 1 tahun, pendidikan minimal SLTP / sederajat, Bersedia mengikuti training selama 5 hari penuh dan berencana membuka bengkel bagi yang belum. Materi yang diberikan dalam bentuk teori dan Praktek. Teori disampaikan di UPTD Perekayasaan Mesin dan Logam Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat  selama 2 hari sedangkan Praktek dilaksanakan di Balai Latihan Kerja Industri Padang selama 3 hari. Ada 5 materi yang disampaikan terdiri dari Kewirausahaan, Motivasi wirausaha, Teknik dan strategi pemasaran jasa perbengkelan roda dua narasumbernya dari PT Andalas Solution Bussiness Indonesia, Metoda dan teknik perizinan perbengkelan roda dua narasumbernya dari Dinas PMPTSP Kota Padang dan Teknik permesinan kendaraan roda dua narasumbernya dari Balai Latihan Kerja Industri Padang.

Pelatihan ditutup oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat. Harapan beliau supaya pelatihan yang diberikan dapat bermanfaat oleh semua peserta dan membuka bengkel-bengkel baru sehingga target pemerintah untuk menumbuhkan wirausaha baru dapat terwujud. Dalam kesempatan ini juga diberikan seperangkat alat-alat perbengkelan kepada peserta yang terdiri dari kunci-kunci dan peralatan bengkel lainnya.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh