GERAKAN SUMBAR BERSIH, INOVASI DAERAH DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP


Post by Dinas Lingkungan Hidup(CITRA APRO AMOR, S.Si) | Posted on 25 Juli 2017 09:23:46 WIB | Lingkungan | 1665 kali dibaca


            Inovasi daerah dalam pengelolaan lingkungan hidup yang dilaksanakan oleh Provinsi Sumatera Barat bertujuan untuk mengatasi isu lingkungan melalui pendekatan berbagai program pengelolaan lingkungan hidup yang berbasis pada masyarakat dengan harapan agar masyarakat dapat terlibat langsung dan aktif hingga secara bertahap dapat mandiri dalam mengelola lingkungannya. Pengembangan program - program inovatif dalam pengelolaan lingkungan berbasis partisipatif dilakukan secara sinergis (terpadu) melibatkan berbagai elemen (Pemerintah, Masyarakat, LSM, Pengusaha/Swasta, Sekolah, dan komponen lain yang terkait).

                Gerakan Sumatera Barat Bersih (GSB) merupakan salah satu kegiatan unggulan dan komitmen Pemerintah Sumatera Barat untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan hijau dimulai dari tingkat kecamatan dan kelurahan yang sudah dicanangkan sejak  Tahun 2014. GSB juga merupakan gerakan berskala lokal di Sumatera Barat untuk mendukung pelaksanaan UU No. 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah dan PP No.81 Tahun 2012 tentang Pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana peningkatan pengelolaan kebersihan dan ruang terbuka hijau serta aspek peran serta masyarakat, sehingga  diharapkan dari kegiatan GSB ini dapat memberikan dampak terhadap masyarakat yang     mampu mengembangkan strategi dan membangun kepedulian sesamanya agar dapat ‘berkawan’ dengan sampah bukan ‘berlawan’ yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan kualitas hidupnya.

Implementasi kegiatan GSB di lakukan dalam beberapa kegiatan, antara lain:

1. Lomba Kecamatan dan Kelurahan Bersih dan Hijau.  

Lomba ini bertujuan untuk mendorong masyarakat di kecamatan dan kelurahan  untuk dapat meningkatkan kualitas lingkungan melalui kegiatan pengelolaan sampah dan tata ruang hijau untuk kehidupan yang berkualitas. Peserta lomba merupakan kecamatan dan kelurahan melalui usulan dari Bupati/Walikota.

2. Sosialisasi Gerakan Sumatera Barat Bersih

Sosialisasi GSB diberikan kepada unsur lingkungan hidup, camat, dan lurah/wali nagari kabupaten/kota se Sumatera Barat dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan wawasan dalam pengelolaan sampah yang berbasis masyarakat yang dapat diaplikasikan di daerah masing- masing. Sosialisasi dihadiri langsung oleh Gubernur Sumatera Barat sebagai Key Note Speaker, pakar dan praktisi pengelolaan sampah serta Ulama

3. Workshop Bank Sampah

Tujuan dari workshop bank sampah ini adalah untuk memperkenalkan pengelolaan  sampah melalui kegiatan bank sampah kepada masyarakat dan pelaku bank sampah itu sendiri.  Diharapkan setiap kecamatan/kelurahan minimal mempunyai Bank Sampah sehingga persentase reduksi bank sampah tahun ke tahun dapat ditingkatkan dan ada akhirnya target Nasional Indonesia Bebas Sampah Tahun 2020 dapat dicapai di Provinsi Sumatera Barat

4. Publikasi Gerakan Sumbar Bersih

Cara   lain   untuk   mensosialisasi GSB ini adalah dengan mempublikasikan/ memperkenalkan GSB  ke seluruh masyarakat melalui pembuatan iklan, film dan berita tentang GSB dan ajakan pengelolaan sampah melalui media cetak dan elektronik yang ada di Provinsi Sumatera Barat.

5. Safari  Gerakan Sumatera  Barat Bersih

Gerakan Safari Sumatera Barat Bersih dicanangkan langsung oleh Gubernur Sumatera Barat yang terinspirasi dari kegiatan Safari Ramadhan yang rutin dilakukan oleh Pemerintah Sumatera Barat. Setiap bulan Ramadhan di mesjid-mesjid. Namun Safari GSB langsung dilakukan di lapangan dengan mengajak dan mendorong masyatakat bersama sama untuk melakukan upaya peningkatan.

 


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh