KEGIATAN BABINSA DI AIR RUNDING


Post by Dinas Peternakan & Kesehatan Hewan(YUNI ERLITA, S.Pt) | Posted on 25 Juli 2017 11:48:26 WIB | Artikel | 606 kali dibaca


KEGIATAN BABINSA DI AIR RUNDING

Oleh : Islamiati, S.Pt (Fungsional Pengawas Mutu Pakan di UPTD BPPMT)

Dalam mensukseskan program Pemerintah   ” UPSUS SIWAB dan UPSUS PAJALE  ” Pemerintah melibatkan TNI dalam mensukseskan kegiatan tersebut melalui para Babinsa. Pada hari Rabu 19 Juli 2017 diadakan lah pelatihan untuk Para Babinsa dalam bidang pertanian khususnya peternakan di UPTD BPPMT Instalasi Air Runding melalui kegiatan PENINGKATAN KEMAMPUAN APARAT KOMANDO KEWILAYAHAN TERSEBAR  KODIM 0305/ PASAMAN TA. 2017 dengan tema TINGKATKAN KEMAMPUAN APARAT KOMANDO KEWILAYAHAN DENGAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN APLIKATIF SEHINGGA MAMPU BERADAPTASI TERHADAP KONDISI LINGKUNGAN DALAM RANGKA MENYIAPKAN KEKUATAN WILAYAH PERTAHANAN ASPEK DARAT  YANG TANGGUH. Para Babinsa yang tergabung dalam KODIM 0305/ Pasaman ini  mendapat pelatihan tentang pengolahan pelepah sawit sebagai pakan alternative untuk ternak sapi sesuai dengan spesifik lolalita daerah pasaman dan Pasaman Barat yang sebagaian besar merupakan perkebunan sawit.

Pelepah sawit dapat diolah menjadi silase pelepah sawit sehingga kandungan nutrisi yang terdapat dapat dalam pelepah sawit meningkat dan dapat di simpan dalam waktu yang lama agar ketersedian pakan ternak khusus nya sapi dapat tersedia sepanjang tahun. Selama ini pada musim kemarau peternak kesulitan mendapatkan pakan rumput, apabila dilakukan silase maka pada musim hujan ketika ketersedian hijauan melimpah dapat dilakukan silase dan disimpan, pada waktu musim kemarau ketika ketersediaan hijauan kurang silase dapat diberikan sehingga kebutuhan pakan ternak terpenuhi sepanjang tahun.

Pelatihan ini dibuka oleh Danramil 07 Kapten Inf Asben Lubis, PASITER DIM 0305/PASAMAN Kapten Inf Lilik Surianto dan Kepala UPTD BPPMT Ir. Aryati. Acara di buka pada Pukul 09.00 WIB berakhir pada pukul 12.00 WIB. Setelah diberikan materi di dalam kelas dilanjutkan dengan praktek pembuatan silase dan kunjungan ke Pabrik Pakan UPTD BPPMT Instalasi Air Runding. Acara dihadiri oleh 65 orang Babinsa yang tersebar pada KODIM 0305 Pasaman  (Kab. Pasaman dan Kab. Pasaman Barat). Materi pelatihan disampaikan oleh Islamiati, S.Pt sebagai Fungsional Pengawas Mutu Pakan di UPTD BPPMT.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh