RAPAT KOORDINASI FORUM DINAS KEPENDUDUKAN & PENCATATAN SIPIL PROVINSI SUMATERA BARAT


Post by Dinas Pengendalian Penduduk, KB, Kependudukan & Pencatatan Sipil(FITHRATUL MUSLIMAH, S.Kom) | Posted on 07 Agustus 2017 13:26:27 WIB | Kependudukan | 1454 kali dibaca


RAPAT KOORDINASI FORUM DINAS KEPENDUDUKAN & PENCATATAN SIPIL  PROVINSI SUMATERA BARAT

Dalam rangka meningkatkan koordinasi dan harmonisasi serta sinergitas antara  Dinas Dukcapil Provinsi dengan Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota se Sumatera Barat, telah diselenggarakan pertemuan rutin sekali 2 (dua) bulan melalui wadah Rapat Koordinasi Forum Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Barat,  pertemuan yang ke 3 ini dilaksanakan di Aula Rumah Bupati Pasaman Barat dan Hotel Guci dari tanggal 27 s/d 29 Juli 2017 dengan mengusung tema ”Melalui Rakor Forum Dukcapil Kita Kuatkan Tekad Untuk Pencapaian  Target Nasional Kepemilikan Akte  Kelahiran dan KTP El di Provinsi Sumatera Barat”.

Acara dibuka langsung oleh Bupati Pasaman Barat dalam hal ini diwakili oleh Bapak Sekretaris Daerah Manus Handri didamping oleh Plh. Kadis DPPKBKPS Provinsi Sumatera Barat (Ibu Putri Reno Sari) dan Kadis Dukcapil Kabupaten Pasaman Barat (Ibu Yulisna) serta Ketua Forum (Bapak Fadli, Kadis Dukcapil Kabupaten Padang Pariaman). Acara diikuti oleh Dinas Dukcapil Provinsi dan 19 Kabupaten/Kota se Sumatera Barat. Tujuan rapat forum ini adalah melakukan evaluasi, sharing informasi dan menyepakati adanya percepatan pencapaian target nasional perekaman KTP El 100% dan kepemilikan Akte kelahiran 85%. Dengan melakukan peningkatan pelayanan, pemberdayaan dan peran serta masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, beberapa Kepala Dinas Dukcapil kabupaten/kota  menyampaikan kiat-kiat dalam pencapaian target nasional perekaman KTP El 100% dan kepemilikan Akte kelahiran 85%, diantaranya kadis Dukcapil Kab. Pasaman (Bapak Sukardi Sikumbang), Kadis Dukcapil Kab. Lima Puluh Kota (Bapak Afrizal Aziz), Kadis Dukcapil Kab. Pesisir Selatan (diwakili Bapak Toni), Kadis Dukcapil Kab. Tanah Datar (Ibu Elizabet) dan Kadis Dukcapil Kab. Dharmasraya (Ibu Netti Helma).

Beberapa kiat yang dilakukan kabupaten/kota untuk mengejar pencapaian akte kelahiran 0 – 18 tahun (85%) dan KTP El (100%) diantaranya adalah :

1.     Pelayanan Akta Kelahiran sehari dan pelayanan secara massal ke desa-desa atau daerah terpencil  yang sulit transpotasi yang cakupan kepemilikan Akta Kelahiran masih rendah

2.     Pelayanan di Kantor Kecamatan

3.     Pelayanan Mobil Keliling

4.     Pelayanan langsung dan jemput bola oleh Petugas/Bidan atau Kepala Jorong yang akan membantu masyarakat mengumpulkan data dan mengurus administrasi kependudukan.

5.     Pelayanan ke sekolah-sekolah tingkatan SLTA/SMK

6.     Melaksanakan kerjasama dengan SKPD teknis terkait (Rumah Sakit, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Depag, PT. Pos, Telkom).

7.     Kearifan lokal yang dilakukan dengan mempemberdayakan/memfungsikan Kepala Jorong mengumpulkan data kependudukan dengan memberikan insentif sebesar Rp. 25.000/ Akta Kelahiran dan Rp. 50.000,-/Akta kematian.

8.     Memberikan pelayanan prima dengan cepat, mudah, murah dan ramah dengan 3 S (sapa, salam dan santun) melalui penerapan aplikasi teknologi informasi online.

9.     Melakukan sosialisasi, pendekatan, informasi melalui leaflet/ brosur/ spansuk/ baliho/ mass media dan jemput bola ke masyarakat dan jalur sekolah.

Arahan dari Plh. Kadis PPKBKPS Provinsi Sumatera Barat bahwa dari hasil evaluasi semester I Tahun 2017 diharapkan kerja keras kabupaten/kota untuk mengejar target perekaman KTP El 100% dan kepemilikan Akta Kelahiran 85% sehingga cakupan target nasional tercapai.

Dijadwalkan pelaksanaan Rakor 2017 selanjutnya akan dilaksankan di Kota Pariaman (September), Kab. Agam (Oktober) dan Kab. Mentawai (November/Desember), dan untuk Rakor 2018 direncanakan di Kab. Sijunjung, Lima puluh Kota, Dharmasraya, Pesisir Selatan dan Kota Bukiitinggi, dan diharapkan kabupaten/kota pelaksana dapat  mengalokasikan anggaran kegiatan Rakor tersebut di Tahun Anggaran 2018.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh