Dana Desa Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Nagari


Post by Diskominfo(Drs. AKRAL, MM) | Posted on 30 November 2017 15:00:42 WIB | Berita Terkini | 1060 kali dibaca


Dana Desa Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Nagari

Simpang Ampek, Kamis  30 November 2017, Bupati Pasaman Barat Drs. H. Syahiran. MM   didampingi kepala OPD terkait di aula kantor  kantor Bupati Pasaman Barat di Simpang Ampat.

Dalam eksposenya dihadapan Tim Penilai Pengelolaan Dana Desa beliau mengatakan bahwa "Dana Nagari untuk tahun 2017 dari pusat berkisar 25 Milyar dan dari APBD Pasaman Barat berkisar 70 Milyar yang tersebar di 19  Nagari"

Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa "dana Desa digunakan untuk membangun infrastruktur seperti jalan, jembatan, gedung, bedah rumah, tambatan perahu. Pembangunan Jembatan Lubuak Bantiang sepanjang 150 Meter yang menghubungkan  Nagari Katiagan dengan Mandiangin, sangat dirasakan sekali manfaatnya oleh masyarakat, disamping memperpendek jarak tempuh juga menghemat biaya yang sangat luar biasa, dimana selama ini untuk ongkos sepeda motor sekali menyeberang sungai dengan sampan dmemakan biaya 100 ribu rupiah, dengan adanya jembatan hanya memerlukan lima ribu rupiah saja. Disamping itu untuk melaksanakan pembangunan fisik juga dapat memanfaatkan tenaga kerja lokal, sehingga dapat menambah penghasilan ekonomi bagi masyarakat setempat.

Dalam pengelolaan dan penggunaan dana desa dibuatkan beberapa regulasi dan juga melaksanakan bimbingan teknis pengelolaan keuangan bagi aparatur Nagari.

Dalam rangka transparansi pengelolaan keuangan desa, di setiap Nagari dibuat baliho dan papan pengumuman,  juga melibatkan pers atau wartawan  untuk mempublikasikan kepada masyarakat, sebagai mana diketahui di era yang serba terbuka ini segala sesuatunya harus transparan.

Tim Penilai disambut oleh Bupati dengan OPD terkait dan seluruh anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) diantaranya dari Kejaksaan, Kepolisian, ketua Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama, seluruh Wali Nagari dan pengurus PKK.

Anggota Tim Penilai dari PWI dan Pamong senior Provinsi Sumatera Barat yaitu: Drs. H. Basril Thaher, Drs. H. Akmal Firdaus, Heranof,  Ir.  Basril Basyar. MM,  Zulnadi. SH,  Jayusdi Effendi,  Gusfen Khairul. Supriadi. SE, dan Drs. Akral. MM.  Demikian dilaporkan dari Simpang Ampat. (by. Akral)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh