Pilkada Padang, Bawaslu Optimalkan Pengawasan Seluruh Tahapan.


Post by Badan Kesatuan Bangsa dan Politik(TITA SHANIA) | Posted on 31 Mei 2018 08:41:08 WIB | Berita Terkini | 244 kali dibaca


Pada Kamis (31/05), bertempat di hotel Hayam Wuruk, Padang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Padang menyelenggarakan Rapat Koordinasi dengan tema ‘optimalisasi pengawasan dalam tahapan kampanye, pemungutan dan penghitungan suara serta rekapitulasi surat suara pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padang Tahun 2018’

Acara ini dibuka oleh Ketua Bawaslu Kota Padang, Dorry Putra, SE dan diikuti oleh 30 orang peserta yang terdiri dari unsur TNI dan pemerintah daerah. Pada kesempatan ini, Ketua Bawaslu Padang menyampaikan beberapa arahan diantaranya tentang masa kampanye yang berakhir pada tanggal 23 Juni, sehingga semua alat peraga kampanye baik di media cetak maupun online sudah tidak boleh ada lagi terhitung tanggal 24 Juni 2018.

Ketua Bawaslu Padang juga mengatakan perlunya meningkatkan pengawasan terhadap 1.600 TPS agar tidak terjadi kecurangan. Sementara itu, narasumber lainnya, anggota Bawaslu Padang, Bahrul Anwar, SHI, mengatakan perlunya mewaspadai kerawanan masa kampanye, diantaranya indikasi money politics, penggunaan fasilitas negara, mobilitas ASN dan perangkat desa, kampanye diluar jadwal, maupun penggunaan tempat ibadah, lembaga pendidikan dan kantor pemerintah untuk kampanye.

Untuk mencegah pelanggaran pelanggaran tersebut, maka perlu dilakukan sosialisasi serta pendidikan politik ke masyarakat, membuat kesepakatan dengan lembaga masyarakat serta menggunakan kearifan lokal dalam pengawasan dan deklarasi pilkada bersih.

Pada kesempatan ini, turut menjadi narasumber Bapak Ricki Eka Putra yang merupakan komisioner hukum KPU Padang. Beliau mengatakan beberapa hal diantaranya jumlah pemilih paling banyak adalah 800 orang per TPS, serta pengisian identitas pada formulir C7 yang harus sesuai dengan KTP.

Dalam rangka deklarasi pilkada bersih, pada kesempatan ini, Bawaslu mengajak pasangan calon dan tim serta masyarakat untuk mentaati aturan kampanye, berperan aktif dalam kampanye, serta agar masyarakat melaporkan jika menemukan indikasi kecurangan selama masa kampanye kepada Bawaslu.

Kegiatan ini berakhir pada pukul 18.00 Wib dengan tertib dan lancar.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh