Manfaat Berenang untuk Prestasi dan Kesehatan 


Post by Tenaga Artikel(Yal) | Posted on 08 Oktober 2018 13:29:32 WIB | Artikel | 332 kali dibaca


OLAHRAGA renang, termasuk olahraga yang berkembang pesat di Sumatera Barat dan bahkan kini, sudah hampir semua kabupaten yang memiliki kolam renang. Bahkan, olahraga renang termasuk cabang yang dipertandingan di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat, yang akan digelar, 19 November 2018 mendatang, di Lapangan Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman. 

Dulu, prestasi renang Sumatera Barat termasuk yang diperhitungkan ditingkat nasional, seperti prestasi perenang Sumbar, Patricia Yosita Hapsari yang menyumbangkan medali emas di PON XVIII Riau. Namun sangat disayangkan Patricia Yosita Hapsari hengkang dari Ranah Minang dan ikut memperkuat DKI di PON XIX, 2018 Jawa Barat.

Kini, kata Damsir salah seorang pelatih renang, sudah banyak muncul bibit perenang di Sumatera Barat, yang diharapkan mampu berkiprah dikancah nasional, seperti kejurnas dan Pekan Olahraga Nasional (PON).

Kedepannya, tentu diharapkan akan muncul perenang-perenang hebat dari Ranah Minang, Sumatera Barat.  aranya tentu, pengcab-pengcab PRSI di kabupaten untuk saling berlomba-lomba melahirkan atlet renang yang hebat dan berkualitas.

Sedangkan olahraga renang untuk kesehatan, karena dalam berenang secara otomatis semua otot-otot akan bereaksi,  terutama otot tangan dan kaki. Manfaat lainya, ternyata dengan berolahrara renang, juga bermanfaat untuk pernapasan. Bahkan dengan olahraga renang, membuat tubuh sehat, karena berbagai gerakan secara otomatis membantu sendi dan ligamen tetap longgar dan fleksibel.

Manfaat lainnya, dengan lengan bergerak, pinggul terlibat sebagai penompang kaki dalam air, dan kepala dan tulang belakang bergerak dari sisi ke sisi. Hal ini membantu memberikan peregangan yang baik dari kepala sampai kaki.

Kemudian dengan berolahraga renang, juga bermanfaat untuk menyehatkan jantung, karena berenang adalah seperti latihan aerobik, berfungsi untuk memperkuat jantung, tidak hanya membantu jantung  lebih besar, tetapi membuatnya lebih efisien dalam memompa darah yang mengalirkan ke seluruh tubuh dengan baik. 

Berdasarkan laporan American Heart Association menyebutkan, berenang sekitar 30 menit setiap hari dapat mengurangi penyakit jantung koroner pada wanita sebesar 30 sampai 40 persen. 

Untuk itu, diharapkan kepada  para wanita untuk menafaatkan olahraga renang untuk menjaga kesehatannya. 

Khusus yang berdomisili di Kota Padang, bisa mamanfaatkan hari liburnya berenang di Kolam renang ABC yang berlokasi di Lubuk Minturun. Selain kolamnya besar dan airnya bersih, kolam renang ABG juga cocok membawa anak-anak untuk rekreasi sambil berenang. en

Kemudian, ndak ada salahnya juga kolam renang ABG membentuk klub dan bukan bisnis semata dan manfaatkan potensi untuk melahirkan perang-perenang sekaliber  Patricia Yosita Hapsari . Rasanya ndak salahnya juga meniru pembinaan atlet renang yang dilakukan PRSI Jambi. Semoga!. (Penulis wartawan tabloidbijak dan padangpos.com)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh