Pemkab Pessel Kembangkan Pulau Semangki


Post by Diskominfo(Desi Marlinda) | Posted on 15 Februari 2019 10:03:33 WIB | Berita Terkini | 127 kali dibaca


Pesisir Selatan -14 Februari 2019

Guna menjawab peningkatan kunjungan wisata yang terus terjadi dari tahun ke tahun di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), pemerintah daerah (Pemda) setempat merencanakan pengembangan Pulau Semangki.

Pengembangan pulau yang memiliki jarak tempuh sekitar 15 menit dari Pantai Carocok Painan yang sudah mendunia itu, selain untuk menjawab keterbatasan daya tampung Pulau Cingkuak yang setiap hari semakin meningkat, juga bertujuan untuk pengembangan kawasan wisata bahari di daerah itu, khususnya kawasan Wisata Pantai Carocok Painan.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pessel, Hadi Susilo menyampaikan mengatakan kepada pesisirselatan.go.id Kamis (14/2)  bahwa sektor pariwisata di daerah itu memang terus menggeliat.

Kondisi itu juga terlihat dari kunjungan masyarakat ke Pulau Cingkuak yang terdapat di Kawasan Wisata Pantai Carocok Painan.

" Agar kunjungan yang terus meningkat tersebut bisa dilakukan pengembanganya agar tidak membludak, maka daerah ini mempersiapkan Pulau Semangki untuk dikembangkan. Pilihan ini dijatuhkan, sebab pulau yang memiliki jarak tempuh sekitar 15 menit dari Dermaga Carocok ini, selain memiliki luas sekitar 3 hektare, juga memiliki shelter alami berupa perbukitan setinggi 15 meter," jelasnya.

Selain itu, kondisi perairan pantainya juga tenang dan dekat dengan teluk Painan.

" Berdasarkan berbagai keunggulan itu, sehingga pulau ini cocok untuk dikembangkan di masa datang," ungkapnya.

Dia mengatakan bahwa rencana pengembangan Pulau Semangki sebagai salah satu tujuan wisata di Pessel, tidak mengalami keterkendalaan.

" Kita tidak mengalami keterkendalaan dalam melakukan pengembangan Pulau Semangki sebagai salah satu tujuan wisata di Pessel. Sebab pulau ini merupakan milik Pemda Pessel," ujarnya.

Berdasarkan perencanaan pada pulau itu nanti, Pemkab Pessel akan merancang berbagai sarana dan fasilitas pendukung untuk menjawab kebutuhan wisatawan yang berkunjung.

" Namun seperti apa konsepnya, jelas akan berbeda dengan yang terdapat di Pulau Cingkuak. Tujuanya agar masyarakat memiliki pilihan jika mau berkunjung ke kawasan itu," ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa Pulau Cingkuak yang hanya berjarak sekitar 200 meter dari Pantai Carorok, memiliki peninggalan sejarah berupa benteng.

" Benteng peninggalan Bangsa Portugis yang masih tetap terjaga sebagai mana saat ini, telah menjadi ikon di kawasan itu," ungkapnya.

Agar memiliki perbedaan, maka Pulau Semangki dijadikan sebagai pulau yang memiliki berbagai sarana permaian air.

" Pada pulau itu nanti, para pengunjung akan dimanjakan pula dengan berbagai fasilitas umum (fasum) yang benar-benar memberikan kenyamanan bagi yang berkunjung. Ini musti dilakukan agar Pessel tetap dijadikan sebagai daerah kunjungan wisata di Sumbar," tutupnya. (webpessel)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh