KOORDINASI DA SINKRONISASI SANGAT DIPERLUKAN DALAM PENGEMBANGAN WILAYAH PERDESAAN


Post by Badan Pemberdayaan Masyarakat(Drs. AKRAL, MM) | Posted on 21 Agustus 2019 10:58:01 WIB | Berita Terkini | 130 kali dibaca


KOORDINASI DA SINKRONISASI SANGAT DIPERLUKAN DALAM PENGEMBANGAN WILAYAH PERDESAAN

 

PADANG, Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat dalam pembukaan Rapat Koordinasi Peningkatan Kerjasama Antar Desa/Nagari Dalam Menunjang Potensi Unggulan  Kawasan Perdesaan yang disampaikan oleh  Kepala Bidang Kerjasama Pengembangan Kawasan Perdesaan Vera Irawati. ST. MM Selasa malam 20 Agustus 2019 di Hotel Daima Padang.

Lebih lanjut Vera mengatakan "sebagai implementasi dari salah satu Nawacita Presiden Republik Indonesia Bapak Jokowidodo bahwa pembangunan Indonesia dimulai dari Desa atau Desa mengeroyok Kota". Pembangunan Desa dilaksanakan secara simultan dan berkelanjutan untuk seluruh aspek, termasuk disektor perekonomian Desa, yang mana perekonomian Perdesaan lebih rendah jika dibandingkan dengan perekonomian Perkotaan, untuk itu bagi produksi yang sama antar desa diperlukan kerjasama antar desa agar lebih produktif. Hal ini dapat dilakukan dengan pendekatan koordinasi dan sinkronisasi kebijakan dan program dalam kawasan perdesaan, juga sinkronisasi pemerataan pelayanan dasar melalui sistem simpul-simpul pelayanan, dan mengintegrasikan antar kegiatan ekonomi hulu dan hilir perdesaan -perkotaan, serta mengintegrasikan pula kerjasama kemitraan antar lembaga dalam desa di suatu kawasan dan suatu wilayah". Kadis PMD juga berharap kepada peserta untuk lebih banyak berdiskusi dengan narasumber sehingga permasalahan dalam pengembangan dan kerjasama antar desa ini dapat dicarikan solusi dan formula yang dapat diimplementasikan di lapangan, sehingga perekonomian Desa menjadi maju dan kesejahteraan masyarakat perdesaan bisa pula terangkat, demikian beliau menutup arahannya dengan penuh harapan.

Sebelumnya Kasi Pengembangan Kerjasama Kawasan Perdesaan Azhari. S. Sos yang juga ketua panitia pelaksana mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama dua (2) hari yang diikuti oleh 50 orang peserta dari seluruh Kabupaten dan Kota penerima Dana Desa yang terdiri dari unsur Dinas Pemberdayaan dan beberapa orang Camat terpilih, dan Narasumber disamping dari Dinas PMD Provinsi Sumatera Barat juga dari TA Kawasan dan dari Camat Lunang Silaut, karena Camat Lunang Silaut cukup sukses dalam mengembangkan kawasan dan kerjasama antar nagari di wilayahnya, seluruh peserta diinapkan satu malam di Hotel Daima, dan kegiatan ini dibiayai dengan APBD Provinsi Sumatra Barat Tahun Anggaran 2019, demikian Azhari. Demikian dilaporkan. (by. Akral) 
 


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh