Bersama membangun Komitmen untuk mewujudkan Sumbar Dalam Satu Data


Post by Diskominfo(Desi Marlinda) | Posted on 12 November 2019 12:05:24 WIB | Berita Terkini | 72 kali dibaca


Bersama membangun Komitmen untuk mewujudkan Sumbar Dalam Satu Data

Bukittinggi, Diskominfo SB - Data yang akurat dan bisa diandalkan memiliki peran yang sangat strategis dalam pelaksanaan pembangunan. Proses perencanaan, monitoring hingga evaluasi sangat bergantung pada ketersediaan data yang memadai. 

Hal ini disadari benar oleh para pemangku kebijakan di Provinsi Sumatera Barat, Upaya memperbaiki dan membenahi ketersediaan data untuk kebutuhan pembangunan dengan dibentuknya sebuah wadah bernama Forum Data Pembangunan Provinsi Sumatera Barat.

Selama dua hari, Selasa dan Rabu (12-13 November 2019) Bappeda dan Dinas Kominfo berinisiatif mempertemukan jajaran OPD dan duduk bersama untuk membangun komitmen membenahi ketersediaan data pembangunan di Perintahkan Provinsi Sumatera Barat,  di hotel Royal Denai View Bukittinggi.

Dari pertemuan ini dicapai sebuah kesepahaman untuk mendorong ketersediaan data pembangunan melalui sebuah forum bersama. Forum ini akan menjadi tempat yang mempertemukan para penanggung jawab data di masing-masing OPD. 

Setiap OPD akan memiliki satu wali data sebagai penanggung jawab data di instansinya.  Melalui wadah Forum Data, para wali data secara rutin akan berkoordinasi bersama dengan Bappeda dan Dinas Kominfo untuk membicarakan berbagai persoalan terkait data, serta mensinkronkan data yang disediakan oleh OPD tersebut. 

Tedy Rafdianto selaku tim forum data dari Bappeda Prov Sumbar mengungkapkan, Forum Data merupakan Forum Komunikasi yang membahas berbagai data dan informasi pembangunan dan media tukar menukar informasi dari berbagai pihak yang diharapkan dapat mencari solusi yang optimal dalam memenuhi kebutuhan data yang akurat, tepat waktu dan dapat dipertanggungjawabkan untuk dimanfaatkan sebagai bahan perencanaan pembangunan daerah yang terukur dan komprehensif.

Melalui kegiatan Forum data ini diharapkan, OPD di Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dapat mengoptimalkan Data yang mereka miliki  ujar “Ony Fajar Syahdi  “ selaku tim forum data dari Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat. (Desi/MMC Diskominfo)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh