Tingkatkan Motivasi dalam menanggulangi Bencana, BPBD Provinsi Sumbar undang Pakar Komunikasi


Post by Badan Penanggulangan Bencana Daerah(HERA ARMAN, ST) | Posted on 22 November 2019 16:54:10 WIB | Badan Penanggulangan Bencana Daerah | 576 kali dibaca


Tingkatkan Motivasi dalam menanggulangi Bencana, BPBD Provinsi Sumbar  undang Pakar Komunikasi

Padang-Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Barat (BPBD Sumbar) mendatang Pakar Komunikasi dan Motivasi, Aqua Dwipayana untuk memberikan penyegaran kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kota se-Sumbar, Rabu (20/11) di Daima Hotel Padang. Selain itu juga hadir Pemimpin Redaksi Padang Ekspres Heri Sugiarto dan GM Rakyat Sumbar Firdaus.

Kepala Pelaksana BPBD Sumbar, Erman Rahman mengungkapkan Sumbar termasuk daerah rawan bencana. Oleh karena itu pihaknya ingin menyamakan persepsi dalam penanganan bencana terutama melibatkan insan pers.

“Kita tidak bisa bekerja sendiri dalam penanganan bencana ini. Untuk itu mesti terkoordinasi antara semua pihak,” ujarnya.

Ditambahkannya, dengan kehadiran Pakar Komunikasi Aqua Dwipayanan ini dapat memberikan motivasi bagi perwakilan BPBD se-Sumbar dalam menambah ilmu terutama dalam menerapkan sistem komunikasi kebencanaan.

“Apalagi ini merupakan program dari BPBD Sumbar yang merupakan tindak lanjut dari program BNPB terkait komunikasi antar stakeholder dalam penanganan bencana di daerah,” tukasnya.

Pakar komunikasi Aqua Dwipayana menyampaikan peran komunikasi sangat vital terutama dalam kebencanaan baik di tanah air dan luar negeri

“untuk itu stakeholder terkait mesti saling koordinasi dengan begitu komunikasi akan terjalin dengan baik sehingga penanganan bencana di daerah dapat dilakukan dengan optimal”katanya.

Lebih lanjut kata Aqua. Pihaknya mengapreasiasi Kepala BPBD Sumbar, beliau sangat menyadari akan pentingnya komunikasi.

Kita dapat lihat semua perwakilan Kabupaten dan Kota hadir. Ini yang penting sekali saling berkomunikasi antara provinsi dan kabupaten serta kota, sebab ujian komunikasi itu datang ketika bencana datang," terangnya.

Sambungnya, jika bencana datang dan komunikasi terjalin pasti penanganan bencana dapat dilakukan optimal oleh masing-masing bidang terkait.

"Saya yakin dengan komunikasi yang baik maka penanganan juga baik. Ini yang ditekan Kepala BNPB, Doni Monardo. Dan, program ini menugaskan saya untuk menjadi pembicara di seluruh Indonesia, meningkatkan komunikasi dan motivasi BPBD," tuturnya.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh