Rapat Koordinasi Pemberdayaan Koperasi dan UKM


Post by Dinas Koperasi & UMKM(HAFIZH AHMAD, ST) | Posted on 09 Maret 2020 16:24:17 WIB | Berita Terkini | 265 kali dibaca


Rapat Koordinasi Pemberdayaan Koperasi dan UKM

 

Rapat Koordinasi Pemberdayaan Koperasi dan UMKM se- Sumatera Barat

 

Dinas Koperasi dan UKM Provinsi  Sumatera Barat, melalui DIPA APBN Tahun Anggaran 2020 Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia telah melakukan Rapat Koordinasi Daerah, yang dilaksanakan pada tanggal 5 – 6 Maret 2020 bertempat di Hotel Emersia Batusangkar.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan koordinasi antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam pemberdayaan Koperasi dan UKM serta menyelaraskan Program dan Kegiatan.

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat Bapak. Ir. H. Benni Warli, MM, yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Barat Bapak. Ir. Zirma Yusri, Kepala OPD Lingkup Perekonomian dan Pembangunan diantaranya adalah Kepala Dinas Soaial Bapak Jumaidi, S. Pd., M. Pd, Kepala Dinas Pariwisata yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Bapak Ir. Taufik Ramadhan, MM, Kepala Biro Perekonomian Bapak Drs. Irsyad.

Pelaksanaan Rakorda ini diharapkan nantinya dapat meningkatkan Koordinasi dan keterpaduan dalam pencapaian pemberdayaan koperasi dan UKM serta terfasilitasinya dinas yang membidangi koperasi dan UKM dalam menyelaraskan program dan kegiatan dengan pusat maupun dengan Provinsi.

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh 100 orang peserta yang terdiri dari Kepala Bappeda Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat sebanyak 19 orang, Kepala dinas dan Kepala Bidang yang membidangi Koperasi dan UMKM Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat sebanyak 38 orang dan Kepala OPD Terkait, Sekretaris, Kepala Bidang, Kepala UPTD, Kepala Seksi dan Kepala Sub Bagian pada Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Barat sebanyak 43 orang. Sedangkan narasumber berasal dari Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Biro Perencanaan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat, Dinas Peternakan Provinsi Sumatera Barat dan Seluruh Kepala Bidang dan Kepala UPTD dilingkungan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Barat.

Kegiatan Rakor Pemberdayaan Koperasi dan UKM tahun ini mengusung tema “Konglomerasi Petani Model Koperasi untuk Industrialisasi Sektor Pertanian dan Perkebunan”

Kesimpulan yang disepakati pada rakor ini adalah setiap OPD yang membidangi Koperasi dan UMKM Kabupaten/Kota mengusulkan program/kegiatan yang menjadi beban APBD masing-masing yang akan disinkronkan dengan kegiatan yang sama pada program/kegiatan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Barat yang berupa pengusulan penerbitan NIK Koperasi, jumlah koperasi potensial sektor riil, jumlah koperasi yang diawasi, lokasi KUR yang difasilitasi, sosialisasi aplikasi Bajojo, Pendaftaran merek dan sertifikat halal, wirausaha pemula, jumlah koperasi yang dilatih dan jumlah UMKM yang dilatih.

 

 

 


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh