Ketum IPSI Sumbar Bersama Ketua IPSI Padang Resmikan Festival Silat "Gelanggang Silih Baganti"


Post by Dinas Pemuda dan olahraga(Dinas Pemuda dan olahraga) | Posted on 27 November 2013 16:21:05 WIB | Berita Terkini | 2365 kali dibaca


PADANG,…Ketua umum Dr, Fauzi Bahar, M,Si didampingi Ketua harian Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sumatra Barat Adib Alfikri. SE, M,Si, secara resmi buka Festival Silat “Gelanggang Silih Berganti” (GSB) se-Kota Padang, Rabu 27/11 di Gedung Serba Guna (GSG) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumbar, komplek GOR Haji Agus Salim Padang.

 

 

 

 

 

Dalam sambutannya Fauzi Bahar mengatakan, di Minang Kabau Agama,  adat, dan silat tidak bisa dipisahkan satu sama yang lainnya. Karena itu Pengprov IPSI Sumbar pada medio Desember nanti, akan menggelar Festival “ Gelanggang Silih Baganti “ antar Kabupaten/ Kota Se- Sumatra Barat, yang rencananya akan dibuka langsung ketua Umum PB IPSI, Letjen Purnawirawan Prabowo Subianto.


 

 

Fauzi Bahar juga sangat mengapresiasi atas langkah IPSI Kota Padang menyelenggarakan Festival GSB, karena ini merupakan yang pertama diadakan oleh Pengcab IPSI Ranah Minang, Dia juga berharap dalam beberapa waktu kedepan, 18 Kabupaten/Kota lainnya juga dapat menggelar kegiatan serupa.

 

“Kita berharap GSB ini bisa menjadi salah satu langkah untuk meningkatkan prestasi silat di kabupaten dan kota, untuk itu Pengprov IPSI Sumbar secara terbuka meminta agar sekolah-sekolah yang ada, agar dapat membentuk sasaran silat sebagai langkah untuk menghidupkan gezah silat di Sumatra Barat, serta bagi Kabupaten/Kota lainnya juga dapat melakukan kegiatan serupa demi langgeng dan majunya Silat di Ranah Minang,” kata Walikota Padang ini meyakinkan.

Sementara itu ketua IPSI kota Padang, Adib Alfikri menyatakan, Festival “Galanggang Silih Baganti” ada langkah baru dalam menyemarakkan geliat silat di Ranah Minang, khususnya di ibu kota provinsi (Kota Padang-red).

“Perlu diingat, sebelum dikembangkan menjadi olahraga prestasi, pencak silat itu yang sebenarnya terletak pada seni tradisi, untuk itu pada Kesempatan ini kita akan menjadikannya sebagai media dalam mengasah keterampilan silat secara benar dan sekaligus sebagai ajang seleksi untuk mewakili Kota Padang pada setia kejuaraan, dan Kita berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan dari tahun ketahun dengan kata lain tiadak berhenti ditengah jalan, "tutur Adib Alfikri.

Ketua pantia, Firdiyon Idrus menerangkan, festial yang di kemas dengan nama “Galanggang Silih Baganti“ ini adalah sebagai bentuk dan momen  seleksi bagi IPSI Kota Padang dalam mehadapi festival “Galanggang Silih Baganti” tingkat Sumbar pada tanggal 19 Desember 2013 mendatang yang di Kota Padang. Sedangkan Untuk Festival GSB tingkat Padang yang berlangsung dari tanggal 27 sampai 29 November ini, akan memperebutkan piala Gubernur Sumatra Barat, piala Wakil Walikota Padang dan piala BNK Padang yang berlangsung.

“Kita berharap dari hasil seleksi nanti, IPSI kota Padang mampu menjadi juara di ajang yang sama di tingkat Sumbar Desember nanti," terangnya.
(MUL/HEN/IS)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh