RAPAT KOORDINASI TIM PEMBINA SAMSAT SUMATERA BARAT


Post by Badan Keuangan Daerah(YADI ARHAM, S.Kom) | Posted on 02 Desember 2014 08:27:19 WIB | SKPD | 1967 kali dibaca


Dalam rangka pengingkatan ikatan silaturahmi, pembangunan kesamaan persepsi serta peningkatan kualitas pelayanan SAMSAT se Sumatera Barat, pada tanggal 27 November 2014 bertempat di Hotel Grand Rocky Bukittinggi telah diselenggarakan Rapat Koordinasi Tim Pembina Samsat Provinsi Sumatera Barat.

Rapat ini dihadiri lengkap oleh seluruh komponen Tim Pembina Samsat ; Dirlantas Polda Sumbar ; DPKD Provinsi Sumatera Barat dan Jasa Raharja Cabang Sumatera Barat. Dari Ditlantas Polda Sumbar  hadir Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar Bapak Kombes Pol Agus Susanto, Kasubdit Regident, Kasi STNK, Kasi BPKB, Kanit Lalu-lintas seluruh Polres Se Sumatera Barat.

Dari unsur DPKD hadir Kepala DPKD Bapak Zaenuddin, Kepala Bidang Pajak, Kepala Bidang Sistim Informasi dan seluruh Kepala UPTD Pelayanan Pajak Provinsi se Sumatera Barat.

Dari unsur Jasa Raharja hadir Kepala Jasa Raharja yang diwakili oleh Bapak Wayan Kastika, Bapak  Yudi Wiryawan dan perwakilan Jasa Raharja se Sumatera Barat.

Rapat Koordinasi Tim Pembina Samsat ini adalah Rapat Koordinasi Perdana dan sudah sejak lama di rencanakan namun baru dapat terlaksana pada hari Kamis tersebut. Suasana penuh keakraban dan kekeluargaan sangat terasa selama Rakor belangsung.

Disamping presentasi dari setiap komponen Samsat, Ombudsman perwakilan Sumatera Barat sebagai institusi yang mengawasi pelaksanaan layanan publik juga diundang untuk memberikan presentasi tentang pelayanan publik dan penilaian terhadap pelaksanaan pelayanan di Samsat Sumatera Barat. Secara umum pelayanan di Samsat Sumatera Barat sudah berjalan dengan baik sesuai dengan 14 (empat belas) kriteria dan standar dari Ombudsman. Namun pelayanan tersebut hendaknya dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan sehingga masyarakat dapat melakukan kewajiban membayar pajak dengan nyaman.

Dirlantas Polda Sumbar, dalam presentasinya menyampaikan tugas pokok dan fungsi Ditlantas yang salah satunya adalah melakukan registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor serta sejarah berdirinya Samsat yang didasari oleh Instruksi Bersama Menteri Pertahanan Keamanan, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan tahun 1999 tentang Pelaksanaan Sistim Administrasi Manunggal di Bawah Satu Atap. Selanjutnya Instruksi bersama tersebut ditindaklanjuti dengan Surat Keputusan Bersama Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Direktur Jenderal Pemerintahan Umum dan Otonomi Daerah dan Direktur Utama PT.Jasa Raharja (Persero) pada tahun 1999 tentang Pedoman Tata Laksana Samsat.

Kepala DPKD Provinsi Sumatera Barat dalam presentasinya menyampaikan beberapa inovasi yang telah, sedang dan akan dilakukan dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan di SAMSAT Sumatera Barat. Seluruh inovasi yang dilakukan berbasiskan kepada Teknologi Informasi sehingga pada waktunya akan terwujud perubahan kantor menjadi mesin seperti yang telah mulai berjalan di Provinsi Jawa Timur.

Kepala Jasa Raharja yang diwakili oleh Bapak Wayan Kastika menyatakan sangat antusias atas pelaksanaan Rakor Perdana Tim Pembina Samsat. Pada kesempatan tersebut beliau juga menyampaikan upaya-upaya peningkatan dan percepatan pelayanan klaim masyarakat atas terjadinya kecelakaan di jalan raya dan sebagai upaya penekanan angka kecelakaan di jalan raya PT.Jasa Raharja juga giat melakukan sosialisasi ke masyarakat baik melalui media elektronik maupun bertatap muka langsung dengan masyarakat.

Pada sesi diskusi yang dipimpin oleh Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sumbar, banyak disampaikan usulan perbaikan pelayanan, peningkatan koordinasi, peningkatan sarana dan prasarana serta peningkatan implementasi Teknologi Informasi baik dari Kepolisian, DPKD maupun oleh Jasa Raharja dan semua usulan/saran/pemikiran dicatat sebagai bahan masukan untuk perbaikan operasional dan pelayanan pada masa mendatang.

Dalam upaya peningkatan kualitas koordinasi Tim Pembina Samsat Sumatera Barat sepakat bahwa rapat koordinasi tersebut akan dilaksanakan setiap 6 bulan sekali. Disamping sebagai media koodinasi, Rakor Tim Pembina Samsat juga dapat dijadiakan sarana review pelayanan, dan sarana diskusi bersama.

Mendahului pelaksanaan Rapat Koordinasi Tim Pembina Samsat, pada pagi harinya dalam perjalanan dari Padang ke Bukittinggi juga dilakukan kunjungan kerja/monitoring/evaluasi terhadap jalannya pelayanan pada 4 (empat) SAMSAT yaitu Samsat Kota Pariaman, Samsat Kabupaten Padang Pariaman dan Samsat Padang Panjang serta Samsat Kota Bukittinggi. (Administrator - Hendri)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh