RAPAT TEKNIS DISAIN FITUR SAMSAT ANYWHERE APLIKASI SAMSAT-LINK SUMATERA BARAT


Post by Badan Keuangan Daerah(YADI ARHAM, S.Kom) | Posted on 10 Februari 2015 01:32:03 WIB | SKPD | 1616 kali dibaca


Dalam upaya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada wajib pajak sekaligus sebagai tindak lanjut dari kesepakatan rencana kerja tahun 2015 yang telah disepakati oleh seluruh mitra kerja SAMSAT di Bukittinggi pada bulan November 2014 maka pada hari Kamis tanggal 5 Februari 2015, bertempat di aual DPKD Provinsi Sumatera Barat telah dilaksanakan Rapat Teknis Disain Fitur “SAMSAT ANYWHERE” Sistim aplikasi Samsat-Link.

Penambahan fitur tersebut akan memberikan fasiltas kemudahan kepada seluruh wajib pajak untuk melakukan kewajiban membayar pajak kendaraaan bermotor lintas kantor SAMSAT di Sumatera Barat. Fitur ini sudah lama direncanakan dan apabila tidak akan hambatan akan mulai diujicobakan pada bulan April 2015 ini pada dua UPTD (Padang dan Bukittinggi). Pembangunan fitur ini juga didorong oleh adanya tantangan yang disampaikan oleh Gubernur Sumatera Barat sewaktu acara peresmian fitur pelayanan baru pada bulan September 2014 dimana pada saat itu Gubernur Sumatera Barat menyampaikan kalau perlu masyarakat dapat membayar pajak kendaraan bermotor sambil tidur. Fitur ini sekaligus merupakan salah satu tahapan menuju tantangan yang disampaikan tersebut dan mudah-mudahan setelah fitur anywhere ini berjalan lancar maka tantangan tersebut akan segera terjawab.

Rapat teknis dihadiri oleh seluruh kepala UPTD P3 se Sumatera Barat, unsur Kepolisian, Bidang Pajak dan Bidang Sistim Informasi. Acara utama pada rapat teknis tersebut adalah preserntasi disain fitur Samsat Anywhere yang disampaikan oleh Bapak Gunanda dari Pengembang Sistim e-Samsat.

Secara teknis, implementasi fitur Samsat Anywhere akan membutuhkan database seluruh UPTD P3 terpusat di Padang. Metoda mirroring akan digunakan setiap kali terjadi transaksi pembayaran pajak kendaraan bermotor diluar UPTD tempat kendaraan tersebut terdaftar.

Di akhir rapat koordinasi tersebut dibuka sesi diskusi untuk memberikan masukan maupun kritikan tentang konsep yang disajikan sehingga dapat diminimalisir kemungkinan terjadinya tidak terakomodirnya kebutuhan laporan dan bisnis proses. (hendri)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh