WIRID JUM’AT PAGI KARYAWAN/I DINAS PERKEBUNAN PROVINSI SUMATERA BARAT TANGGAL 06 Maret 2015.


Post by Dinas Perkebunan(Dinas Perkebunan) | Posted on 06 Maret 2015 06:38:48 WIB | Perkebunan | 1707 kali dibaca


Pelaksanan wirid pengajian karyawan/I, Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Barat pada hari jum’at tanggal 06 maret tahun 2015 disampaikan oleh ustad Parlaungan, SIQ,MA. Hadir dalam wirid karyawan/I Dinas Perkebunan beserta jamaah di sekitar Mushalla Babusslam yang terletak di komplek perkantoran dinas perkebunan. Mengawali kegiatan wirid pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan oleh salah seorang karyawati Dinas Perkebunan Prov Sumbar.


Tema pengajian ustad tentang amalan sunnat sebagai penyempurna ibadah. Ibadah merupakan perintah Allah yang harus kita laksanakan dan tujuan hidup kita sebagai hamba ciptaan-Nya. Dalam beribadah kita disuruh melaksanakan yang wajib dan menganjurkan menambah dengan yang sunat. Wajib adalah bila kita kerjakan dapat pahala dan bila ditinggalkan dapat dosa sedangkan sunnat dikerjakan dapat pahala ditinggalkan merugi (kurang sempurna ibadah). Lebih lanjut ustad mencontohkan dalam ibadah sholat fardhu dimana ada hal-hal sunnat yang dikerjakan namun itu menjadi penyempurna ibadah kita. Ada 5 bentuk sunnat pada ibadah sholat dimana lima ini kita tidak kerjakan sholat tetap sah namun disisi kesempurnaanya sholat kita akan kurang. Yang kelima tersebut adalah :

  1. 1.Mengangkat tangan waktu takbir. Ada empat kali kita sunnat mengangkat tangkan waktu takbir pertama waktu takbir akan sholat, kedua waktu akan rukuk, ketiga setelah rukuk, setelah tasyahut awal bila sholat kita lebih dari tiga rakaat.
  2. 2.Membaca do’a iftitah
  3. 3.Membaca taa’uuz sebelum membaca surat alfatihah pada rakaat pertama.
  4. 4.Membaca amin sesudah membaca al-fatihah.
  5. 5.Membaca surat atau ayat Al-Qur’an setelah memaca Al-Fatihah.

Kelima hal diatas itu merupakan sunnat dikerjakan dalam sholat, bila tidak dikerjakan sholat kita tetap sah namun kesempurnaan ibadah kita kurang disisi Allah SWT. Oleh sebab itu kata ustad menghimbau demi kesempurnaan ibadah jangan kita tinggalkan yang sunnat tersebut. Laksanakan yang sunnat-sunnat dalam kita beribadah seperti sholat sunnat rawatib dan sholat sunnat lainnya karena itu semua akan mengantarkan kita ke surga Allah seperti yang disampaikan oleh Nabi Muhammad dalam hadist beliau barang siapa yang melaksanakan sholat sunnat rawatib setelah sholat fardhu sebanyak 12 rakaat atau sepuluh rakaat maka ia akan dibangunkan rumah di surga nanti di akhirat. Wirid diakhiri Tanya jawab dengan ustad tentang sekitar masalah ibadah terutama ibadah sholat.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh