6 Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Puasa


Post by Dinas Kesehatan(Indra, S.Kom) | Posted on 20 Juni 2015 04:27:03 WIB | Info Kesehatan | 1129 kali dibaca


Baiklah, langsung ke tips menjaga kesehatan di bulan puasa:

1. Buat Perencanaan Makanan

Selama bulan ramadhan, untuk menjaga kesehatan di bulan puasa buatlah perencanaan daftar makanan yang akan anda konsumsi sekeluarga secara rapi. Hal ini bertujuan agar anda tidka bingung menentukan menu makanan sahur dan berbuka setiap hari.

Gunakan menu makanan yang sehat dan seimbang dan satu tips lagi. Dalam berbuka dan sahur hindari Junk Food karena efeknya tidak baik untuk kesehatan anda.

2. Kurangi Konsumsi Teh, Kopi, dan Minuman Bersoda

Tips menjaga kesehatan di bulan puasa yang kedua adalah mengurangi konsumsi beberapa minuman diatas. Coba kurangi sekali untuk dua hari atau terserah manajemen anda. Hal ini penting untuk meminimalkan datangnya sakit kepala saat anda sedang berpuasa.

Alternatifnya, banyak minum air putih. Dalam sehari anda bisa minum 4-10 gelas dan itu dibagi untuk buka dan sahur.

3. Kebiasaan Makan Sehat

Tips menjaga kesehatan di bulan puasa berikutnya adalah menjaga kebiasaan makan yang sehat. Dalam berbuka, jangan lupakan menu buah dan sayuran sebagai penyeimbang. Pada saat sahur, usahakan agar anda idak bangun telat.

Alasannya, agar anda tidak makan terlalu cepat saat sahur. Ini penting karena makan terlalu cepat bisa berakiabt tidak baik, berlaku juga pada saat berbuka puasa.

4. Konsultasi ke Dokter

Jika anda punya masalah kesehatan, anda bisa mengkonsultasikannya kepada dokter. Konsultasikan tentang keluhan adna, dan minta tips kepada dokter bagaimana pola makan yang cocok, serta bagaimana agar anda bisa menjalankan puasa dengan baik. Dengan begitu, tujuan anda untuk menjaga kesehatan di bulan puasa akan tercapai.

tidur sehat15. Cukup Waktu Tidur

Tidur malam juga adalah hal penting yang harus anda perhatikan salam menjaga kesehatan di bulan puasa. Tidur malam yang baik diperlukan untuk bisa memastikan keseimbangan tubuh anda untuk aktivitas di hari berikutnya. Tapi, jika anda merasa kurang cukup tidur. Gunakan waktu siang untuk tidur,tapi jangan sampai hal itu menganggu aktitas anda di siang hari.

6. Berolahraga

Cara menjaga kesehatan di bulan puasa berikutnya adalah olahraga. Olahraga berfungsi untuk membantu sirkulasi oksigen dalam tubuh sehingga kesehatan tubuh anda bisa terjaga. Olahraga yang dilakukkan tidak perlu terlalu berat, minimal jalan santai yang biasanya banyak dilakukkan orang setelah sahur.

Semoga 6 tips menjaga kesehatan di bulan puasa diatas berguna untuk anda. Lakukkan dengan tepat, dan anda akan bisa menjaga kesehatan di bulan puasa.

 


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh