Presiden RI Tunjuk Menteri dan Wamen ESDM Baru


Post by Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral(RUSNOVIANDI, ST, MM) | Posted on 19 Oktober 2016 14:16:31 WIB | Pertambangan dan Energi | 838 kali dibaca


Presiden RI Tunjuk Menteri dan Wamen ESDM Baru

JAKARTA - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, secara resmi menunjuk Ignasius Jonan sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) baru. Tidak hanya itu, Presiden RI juga mengfungsikan kembali Wakil Menteri (Wamen) yang diamanahkan kepada Arcandra Tahar.

“Mengangkat saudara Ignasius Jonan sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral,” demikan kutipan Keputusan Presiden Nomor 114 Tahun 2016 yang dibacakan oleh Deputi Presiden Jumat (14/10) siang di Istana Negara.

Presiden Joko Widodo juga melantik sekaligus mengambil sumpah atas posisi yang diemban oleh Jonan dan Arcandra. Pelantikan ini sendiri dihadiri langsung oleh para pejabat Eselon I, Eselon II, Eselon III Kementerian ESDM.

Penunjukan Jonan sendiri oleh Presiden Jokowi dipertimbangkan atas kinerja baik yang ditampilkan karena sering turun ke lapangan. “Yang berani, yang punya kompetensi melakukan reformasi besar-besaran di ESDM,” jelas Presiden kepada awak media setelah acara pelantikan selesai.

Sebelumnya, Jonan masuk ke Kabinet Kerja sebagai Menteri Perhubungan. Ia juga pernah menduduki Direktur Utama PT Kereta Api (Persero) periode 2009-2014.

Selama kekosongan jabatan tersebut, tugas dan fungsi Menteri ESDM dilaksanakan oleh Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan sekaligus sebagai Pelaksana Tugas (Plt. Menteri ESDM) sekitar dua bulan.

Mengfungsikan Kembali Wamen

Selain itu, Presiden Jokowi kembali memfungsikan kembali pos Wakil Menteri ESDM. Ia menunjuk Arcandra Tahar sebagai pendamping Jonan dalam mengambil keputusan di sektor ESDM.

Jokowi berharap dengan adanya jabatan Wamen akan memperbaiki isu manajemen sektor ESDM. “Ini isu manajemen. Jangan ditarik ke isu-isu personal atau politik,” ungkap Jokowi saat ditanya mengenai alasan dibalik pengaktifan kembali jabatan wakil menteri ESDM.  

Arcandra Tahar juga pernah menjabat sebagai Menteri ESDM menggantikan Sudirman Said. ia merupakan seorang profesional di bidang energi dan sumber daya mineral. Lulusan Institut Teknologi Bandung ini menghabiskan 20 tahun masa studi dan karirnya di Amerika Serikat, menimba ilmu di berbagai perusahaan minyak dan gas bumi negeri Paman Sam.

Struktur Wakil Menteri ESDM sendiri pernah ada saat Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (2009-2014). Terakhir kali jabatan tersebut diemban oleh Susilo Siswoutomo

(Sumber : Ditjen Mineral dan Batubara KESDM RI)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh